KERJA SAMA DENGAN PEMKAB, MAHASISWA UMPR JADI LEBIH MUDAH MAGANG KE 5 DAERAH INI

oleh -
oleh
KERJA SAMA DENGAN PEMKAB, MAHASISWA UMPR JADI LEBIH MUDAH MAGANG KE 5 DAERAH INI 1
Rektor UMPR Dr Sonedi

Palangka Raya (Dayak News) Pelaksanaan Catur Dharma Perguruan Tinggi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) kini bisa lebih mudah dilaksanakan di berbagai daerah di Kalimantan Tengah (Kalteng). Pasalnya, sudah ada setidaknya lima Pemerintah Kabupaten (Pemkab) di Bumi Tambun Bungai yang telah menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi ini.

Rektor UMPR Dr Sonedi kepada Dayak News, Senin (5/3/2021), mengatakan, kelima Pemkab yang telah resmi bekerja sama dengan UMPR itu antara lain, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Sukamara, Lamandau, dan Seruyan.

“Kerja sama Catur Dharma Perguruan Tinggi antara UMPR dengan Pemkab itu terutama pada bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan peningkatan kapasitas SDM daerah,” terang Sonedi.

Dia menjelaskan, selain sangat bermanfaat bagi mahasiswa maupun UMPR sebagai lembaga pendidikan, kerja sama ini juga diharapkan memberi dampak positif dalam percepatan pembangunan di daerah-daerah tersebut.

Dalam kerja sama ini, UMPR akan mengirim mahasiswa ke kabupaten untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), pemagangan, Praktik Pengalaman Lapangan, Proyek Desa, dan lainnya.

“Kerja sama ini merupakan bentuk implementasi program Kampus Merdeka yang telah dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” sebut Rektor.

Dia melanjutkan, bagi mahasiswa, dengan melaksanakan berbagai kegiatan akademik di daerah-tersebut, mereka akan mendapat pengalaman dan keterampilan yang memadai sehingga memiliki bekal menghadapi dunia kerja setelah lulus dari UMPR nanti.

Wakil Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalteng ini melanjutkan, sedangkan untuk daerah, sinergitas ini diharapkan dapat membantu percepatan pembangunan melalui peningkatan kapasitas SDM Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Dalam kerja sama ini, UMPR bersama Pemkab juka  melaksanakan penelitian dalam rangka meningkatkan pembangunan daerah secara berkelanjutan,” tambahnya.

BACA JUGA :  JADI REST AREA TERDEKAT TABLIG AKBAR HABIB UMAR, INI YANG DISIAPKAN MAN KOTA

Pengesahan program kerja sama dengan Pemkab itu sendiri ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang digelar baru-baru ini. Untuk Kabupaten Kotawaringin Timur, penandatangan nota kesepahaman (MoU) telah dilakukan Bupati H Halikinnor dan Rektor UMPR pada Senin (29/3/2021) tadi.

Terkait kerja sama ini, Bupati Kotawaringin Timur mengaku bangga dan berterimakasih kepada UMPR.“Kita menyambut baik nota kesepakatan dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM, penyelenggaraan kepemerintahan yang baik, kajian, peneitian dan pengabdian kepada masyarakat ini,’ sebut Bupati. Halikinnor juga menyebut, kerja sama ini sangat relevan dengan visi dan misi Presiden RI dalam rangka meningkatkan kualitas SDM yang ingin diwujudkan di kabupaten tersebut. (Sar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.