DARI WEBINAR NASIONAL PRODI PLS-UPR, TEKNOLOGI BANTU MAHASISWA BELAJAR DI MASA PANDEMI

oleh -53 views
DARI WEBINAR NASIONAL PRODI PLS-UPR, TEKNOLOGI BANTU MAHASISWA BELAJAR DI MASA PANDEMI 1
(FOTO : SAR)

Palangka Raya, Dayak News (12/11/2020). Masa pandemi Covid-19 yang diikuti berbagai aturan baru serta sejumlah pembatasan bukan alasan bagi masyarakat, khususunya kalangan akademisi untuk berhenti belajar, berkreasi, dan berinovasi. Lewat perangkat digital serta berbagai aplikasinya, kaum akademisi dapat terus meningkatkan pengetahuan dengan belajar dari para ahli di bidangnya.

“Walau pandemi, kita harus terus semangat dalam beraktivitas,” pesan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Palangka Raya (FKIP-UPR) Dr Natalia Asi MA, saat membuka webinar nasional yang digelar Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) FKIP-UPR, Kamis (12/11/2020) siang.

Dalam sambutannya, Natalia mengatakan, kemajuan teknologi yang mendorong lahirnya era digitalisasi memberikan banyak kemudahan. Salah satunya terbukti dengan dapat terlaksananya kegiatan webinar nasional ini di masa pandemi Covid-19.

“Dengan memanfaatkan teknologi, kita tetap bisa bersilaturahmi, berbagi pengalaman, dan pengetahuan. Pandemi tidak seharusnya membuat aktivitas kita stagnan. Kita tetap bisa menyerap pengetahuan dari orang-orang hebat,” sebut Natalia.

Ditambahkan Dekan, pihaknya menyambut baik gelaran webinar yang dirancang Program PLS/Penmas UPR dengan tema “Pendidikan Masyarakat dan Trend Pembelajaran Era Industri 4.0” dan sub tema “Belajar Dari Era Pandemi Covid-19” ini. Sebab, kegiatan demikian sangat bermanfaat bagi seluruh peserta, khususnya para mahasiswa untuk mengetahui dan menyesuaikan diri dengan tantangan masa kini dan di masa yang akan datang.

Menurutnya, pokok bahasan menyangkut era industri “4.0” ini memang dirasa sangat penting. Pasalnya, kehadirannya telah dan akan terus membawa perubahan besar dalam paradigma kehidupan masyarakat sehari-hari, terutama generasi milenial.

“Kita tahu bahwa kebutuhan generasi milenial berbeda dengan kebutuhan generasi sebelumnya. Tantangannya juga kian besar, di mana masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif di era ini,” ujarnya.

Natalia juga mengatakan, pihaknya juga mengapresiasi kegiatan tersebut lantaran besarnya antusiasme peserta yang terdiri dari dosen serta mahasiswa dari hampir seluruh wilayah di Indonesia. Tercatat, peserta kegiatan mencapai 151 orang.

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan semacam ini, termasuk dari sisi anggaran,” sebutnya.

Webinar nasional yang diawali dengan sambutan dari Ketua Program Studi PLS Susan Daniel MPd ini sendiri menghadirkan dua pemateri. Pertama, Dosen Pendidikan Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Dr H Elih Sudiapermana MPd  dengan paparan tentang “Pendidikan Abad ke-21 dan Pendidikan 4.0”. Kedua, Kepala BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Tengah Dr (Cand) Santoso SPd MSI dengan materi “Pendidikan Masyarakat Kini dan Masa Depan”.

Paparan dan diskusi dalam webinar nasional tersebut dimoderatori Dr Wahyu Edy Setiawan SPsI MPd, Kepala Megister PLS Program Pascasarjana UPR. (SAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *