REKTOR: IAIN PALANGKA RAYA KULIAH DARING HINGGA AKHIR TAHUN

oleh -12 views
REKTOR: IAIN PALANGKA RAYA KULIAH DARING HINGGA AKHIR TAHUN 1
Rektor IAIN Palangka Raya Dr H Khairil Anwar MAg

Palangka Raya, 28/10/2020 (Dayak News). Pola perkuliahan dalam jaringan (daring) atau online akan tetap dilaksanakan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya hingga akhir tahun 2020 ini. Langkah ini dilaksanakan mengingat belum kunjung berakhirnya pandemi Covid-19 di Kalimantan Tengah (Kalteng).

“Grafik Covid-19 ini belum menunjukkan tanda menurun, melandai pun tidak. Kita lihat terus meningkat. Jadi perkuliahan tetap dilaksanakan secara online sampai dengan akhir tahun ini,” terang Rektor IAIN Palangka Raya Dr H Khairil Anwar MAg kepada dayaknews, baru-baru ini.

Dijelaskan Khairil, proses perkuliahan daring di IAIN Palangka Raya ini dilakukan sejak Maret 2020 lalu tatkala muncul temuan kasus positif Covid-19, baik di lingkup nasional maupun di Bumi Tambun Bungai. Kebijakan tersebut merupakan tindak lanjut dari kesepakatan empat kementerian.

“Seluruh perkuliahan dilakukan secara daring, dari rumah masing-masing. Kecuali praktikum yang tidak memungkinkan dilaksanakan di rumah. Mereka belajar di kampus dengan kewajiban menerapkan protokol kesehatan,” sebut Rektor.

Selain praktikum, aktivitas akademik lain yang juga dilaksanakan secara langsung adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang kini sedang berlangsung. Namun, berbeda dengan KKN pada masa sebelumnya, saat ini KKN difokuskan di lingkungan kampus dengan kegiatan berupa pembenahan sejumlah fasilitas yang telah ditentukan.

Pelaksanaan KKN itu pun juga dilaksanakan sesuai protokol kesehatan untuk mengantisipasi potensi penyebaran Covid-19. Di antaranya pembagian waktu pelaksanaan kegiatan bagi seluruh peserta, dan penerapan social distancing yakni jarak antara mereka.

Khairil melanjutkan, selain bagi seluruh mahasiswa, aturan ini juga diberlakukan kepada para tenaga pendidik maupun pegawai umum IAIN Palangka Raya, atau disebut Work From Home (WFH). “Para dosen mengajar dari rumah sesuai dengan Sistem Informasi Akademik (Simak) Online. Mereka telah belajar dan melatih diri dengan pemahaman cara mengajar ini,” sebut Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalteng ini. (SAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *