Intensitas Hujan Berkurang, Polsek Sungai Sampit Tingkatkan Sosialisasi Bahaya Karhutla

oleh -
Intensitas Hujan Berkurang, Polsek Sungai Sampit Tingkatkan Sosialisasi Bahaya Karhutla 1

Kotim – Berkurangnya intensitas hujan sepekan terakhir membuat potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dinilai meningkat. Untuk itu Kepolisian Sektor Sungai Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur meningkatkan sosialisasi bahaya karhutla.

Kapolres Kotim AKBP Sarpani, S.I.,K., M.M Melalui Pelaksana Harian Kapolsek Sungai Sampit AKP Angga Yuli Hermanto mengatakan pihaknya melaksanakan sosialisasi Maklumat Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah tentang sanksi pidana terhadap pembakaran hutan dan atau lahan.

“Sosialisasi ini sebagai salah satu upaya mendapatkan pencegahan dini supaya tidak ada yang membakar lahan. Masyarakat harus tahu bahwa ada konsekuensi bagi yang membakar lahan, apalagi di musim rawan seperti saat ini,” kata Angga.

Kamis (27/1/2022), sosialisasi maklumat Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah tentang sanksi pidana terhadap pembakaran hutan dan atau lahan di Desa Bagendang Hulu Kecamatan Mentaya Hilir Utara.

Petugas piket Polsek Sungai Sampit mendatangi masyarakat, khususnya petani atau pekebun di Desa Bagendang Hulu untuk menyampaikan isi maklumat Kapolda Kalimantan Tengah.

Dalam kesempatan tersebut petugas piket Polsek Sungai Sampit menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas tentang larangan pembakaran hutan dan lahan.

Petugas meminta kepada warga agar bersama-sama menjaga agar tidak terjadi pelanggaran pembakaran hutan atau lahan. Saat ini intensitas hujan berkurang sehingga risiko karhutla mulai meningkat.

Petugas juga mengimbau agar selalu mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Hal ini lantaran pandemi Covid-19 meski saat ini kasusnya melandai.

“Kami mengimbau dengan sangat kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan. Struktur tanah kita ini umumnya gambut sehingga mudah terbakar dan sulit dipadamkan. Makanya pencegahan harus kita utamakan,” pungkas Angga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.