Polsek Sungai Sampit Gencarkan Program DDS

oleh -
Polsek Sungai Sampit Gencarkan Program DDS 1

Kepolisian Sektor Sungai Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur terus gencar melaksanakan program DDS atau “Door To Door System” dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, khususnya di wilayah hukum mereka di Kecamatan Mentaya Hilir Utara.

Kapolsek Sungai Sampit Iptu Sudiyanto mengatakan, program DDS merupakan upaya pencegahan dini terhadap tindak kriminal. Pihaknya mengajak masyarakat untuk peka dan peduli terhadap potensi tindak kriminal dengan segera melaporkan jika mengetahui ada yang mencurigakan.

“Misalnya ada orang-orang yang mencurigakan, warga diharapkan segera melaporkan kepada kepolisian terdekat. Ini supaya bisa segera disikapi sehingga tindakan kriminal itu tidak sampai terjadi,” kata Sudiyanto.

Jumat (3/12/2021), personel Polsek Sungai Sampit melaksanakan kegiatan DDS di Desa Bagendang Hilir. Petugas berkunjung dari rumah ke rumah warga untuk bersilaturahmi sekaligus mengingatkan untuk selalu waspada ancaman kejahatan.

Program ini mengajak masyarakat untuk peduli dan cepat tanggap mencegah tindak pidana. Caranya yaitu dengan mengawasi lingkungan sekitar dan segera melaporkan ke polisi jika mengetahui ada dugaan tindak pidana, khususnya pencurian kelapa sawit.

DDS merupakan upaya antisipatif yang mereka lakukan dengan melibatkan masyarakat. Kegiatan ini dilakukan dengan cara mendatangi warga dari rumah ke rumah untuk mengajak bersama-sama meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai tindak pidana, termasuk pencurian kelapa sawit yang saat ini rawan terjadi.

Petugas mengimbau kepada masyarakat apabila dalam melaksanakan kegiatan agar lebih berhati-hati. Apabila melaksanakan kegiatan di lahan melihat orang mencurigakan, jangan sampai mengambil tindakan di lapangan, tetapi segera berkordinasi dengan pihak yang berwajib.

“Kami juga mengingatkan apabila ada permasalahan di lahan yang mengklaim atau mau mengambil hak warga, supaya warga melaporkan kepada pihak yang berwajib,” katanya.

BACA JUGA :  Personel Piket Polsek Pantai Lunci Patroli Guna Jaga Kamtibmas

Saat ini rawan tindak pidana pencurian buah kelapa sawit karena harga buah kelapa sawit naik maka rawan pencurian. Untuk itu supaya masyarakat juga diharapkan turut mengantisipasi kejadian pencurian buah kelapa sawit.

Selama kegiatan berlangsung situasi aman dan kondusif. Masyarakat menyambut positif kegiatan itu dan berjanji akan berpartisipasi melakukan pencegahan tindak pidana tersebut.

“Kami berharap masyarakat dan perusahaan bersama-sama meningkatkan kewaspadaan. Kalau ada kejadian, bisa cepat ditindaklanjuti sehingga bisa cepat ditangani,” kata pungkas Sudiyanto.

Petugas juga mengimbau agar dalam kegiatan sehari-hari agar selalu memperhatikan protokol kesehatan 5M dalam untuk mencegah penularan virus Covid-19 karena pandemi masih terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.