POLITIK BAGIAN PENTING DALAM BERNEGARA

oleh -9 views

Kuala Kurun, Dayak News. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMdes) Provinsi Kalimantan Tengah, (Kalteng) menggelar penyuluhan peningkatan peran serta generasi muda desa dan politik, dalam ketahanan masyarakat.

Kegiatan ini difasilitasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMdes) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) yang dilaksanakan di Aula BP3D Kuala Kurun, Kamis (14/2/19).

Tampak hadir Ketua Komisi D DPRD Kalteng, HM Rizal, Pabung 1011/PLK Mayor Catur Prasetio Nugroho, yang mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalteng Kabid Pemberdayaan Masyarakat, SDA & TTG Drs. Sahufi Ibrahim, Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gumas Ruby Haris, ST serta undangan lainnya.

Terkait dengan kegiatan ini, Kabid Pemberdayaan Masyarakat, SDA & TTG Drs. Sahufi Ibrahim saat membaca sambutan tertulis, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMdes) Provinsi Kalteng Hamka, S.Pd., M.Pd mengatakan, pengertian politik adalah suatu proses pembentukan dan pembangian kekuasaan dalam masyarakat dimana wujudnya adalah proses pembentukan keputusan.

Dengan memahami arti politik dan tujuannya maka kita menjadi paham dan menyadari bahwa politik adalah bagian penting dari system tujuan bernegara. Sehingga “Mindset” atau pola pikir kita terhadap politik itu adalah negatif, politik sebagai sesuatu yang kotor dapat kita hilangkan.

“Fokus pertemuan, penyuluhan kita pada hari ini adalah menyangkut pengetahun tentang Pemilu. Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa tahun 2019 ini merupakan tahun politik bagi bangsa Indonesia,” ujarnya.

Dijelaskan Kepala Dinas, dalam pertemuan penyuluhan ini peserta yang diundang adalah para pemuda atau istilah keren jaman sekarang jaman now kaum milenial. Hal ini tentu saja punya alasan tersendiri. Potensi pemilih pemula dan pemuda yang cukup besar, mencapai 30 persen dari jumlah keseluruhan pemilih di Indonesia, diharapkan bisa menyumbang partisipasi suara dalam pesta demokrasi Indonesia.

BACA JUGA :  RUAS PALANGKA RAYA - GUMAS MENJADI PERHATIAN GUBERNUR KALTENG

Untuk itu, saya berharap agar nantinya mari kita simak, kita perhatikan dan kita ikuti dengan sungguh-sungguh apa yang masih belum mengerti, belum paham masih ragu-ragu tanyakan. Simak jawabannya dan ikuti serta patuhi.

“Dalam kesempatan yang baik ini ucapan terimaksaih dan penghargaan yang setinggi-tingginya tidak lupa kami sampaikan kepada pemerintah Kabupaten Gunung Mas utamanya kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa beserta jajarannya pak Camat Kurun yang telah membantu memfasilitasi teknik penyelenggaraan kegiatan ini, sehingga terlaksana dengan baik,” tandasnya.(Dayak News/AI/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *