NAZAR DIDUKUNG MAYORITAS RAKYAT ACEH

oleh -207 views
NAZAR DIDUKUNG MAYORITAS RAKYAT ACEH 1
Muhammad Nazar

Palangka Raya, 12/1/2021 (Dayak News). Muhammad Nazar menjadi calon Wakil Gubernur Aceh yang didukung mayoritas rakyat Provinsi Aceh mendampingi Gubernur.

Warga Aceh di Kalimantan Tengah seperti Anwar Oemar, Sanusi Gayo dan Alif Abdullah di Palangka Raya, Jumat (12/2).

Nazar sudah dikenal kinerjanya saat mendampingi Irwandi Yusuf, yang sampai sekarang masyarakat masih mengenang hasil kerjanya di bidang sosial kemasyarakatan.

Beberapa yang masih dikenang masyarakat adalah berobat gratis di Rumah Sakit, dan ikhwal biaya siswa dalam dan luar negera bagi generasi penerus Aceh serta pembangunan lembaga pendidikan pesantren (dayah).

Itu antara lain yang sulit dilupakan masyarakat Aceh terhadap kinerja pasangan Irwandi-Nazar.

Jadi dilihat dari keberhasilan itu, Nova harus melihat jauh karena sebagai pembina sosial politik di daerah dan partai-partai pengusung lebih tajam dan cepat melakukan proses memproses pengisian jabatan Wagub guna mempercepat pelaksanaan berbagai program pembangunan kemasyarakatan di Aceh.

Kini bukan masanya lagi saling melempar bola dan kesalahan.

Terlepas dari status Nova Iriansyah sebagai ketua Demokrat tetapi sebagai Gubernur wajib mempertanyakan ketika ada partai pengusung yang tidak mengamini untuk proses pengisian wagub.

Apalagi Nova sebagai ketua partai pengusung Irwandi Nova pada Pilkada 2017.

Artinya partai-partai pengusung dan gubernur secara seimbang harus lebih mudah berkomunikasi dan memprosesnya.

DPRA juga wajib mengawal dan mempertanyakan, sejauh mana proses pengisian jabatan Wagub. Jadi wakil rakyat jangan diam tanpa mengikuti proses pengisian jabatan orang nomor dua di Aceh.

Jika semua pemangku kepentingan kurang aktif dan terkesan menunda-nunda dan terkesan bermain-main, maka masyarakat pasti dapat mencurigai dan resikonya akan tidak baik bagi semua pemangku kepentingan dalam momen politik mendatang karena pengisian Wagub itu wajib dan kebutuhan Aceh.

Mencermati perkembangan sekarang juga memang membutuhkan Wagub definitif, dgn kondisi pembangunan, luas dan kerumitan area Aceh, dampak konflik yang belum selesai, kemiskinan dan pengangguran, daya tarik dan nilai tawar yang menurun di mata nasional dan internasional.

Kondisinya jauh berbeda dan belum mampu menjadi lebih baik dibandingkan masa Irwandi-Nazar, katanya.

Harus segera diproses
Gubernur Nova harus mempercepat proses pengisian jabatan orang nomor dua di Aceh itu karena keadaan yang demikain juga dan plus sisa jabatan yang tidak terlalu lama lagi.

Figur yang mengisi Wagub harus yang memiliki pengalaman, kemampuan, kepemimpinan dan keuletan yang instan serta punya legitimasi sosial kuat, baik internal maupun eksternal.

“Ini menjadi salah satu kelemahan yang ada sekarang, termasuk minim legitimasi sosial politik Gubernur Nova.

Tidak ada pilihan lain, kecuali semua nama yang berkembang dan diusulkan tahap awal oleh PNA maupun wacana partai-partai pengusung lain maka hanya Muhammad Nazar mantan Wagub yang memenuhi kriteria itu.

Irwandi Nova juga terpilih dari suara rakyat, sangatlah sedikit suara anggota partai pengusung maupun suara keluarga dari kandidat. Jika ada partai pengusung yang memaksakan diri dan lmembuat kriteria harus dari partai maka justru itu memungkinkan gugur jika digugat karena bertentangan secara konstitusional dan prinsip demokrasi itu sendiri yang menjamin hak dipilih dan memilih bagi setiap warga negara. (sky/).

Secara undang-undang dan prinsip demokrasi, calon pemimpin yang diusung dalam suatu Pilkada atau untuk mengisi jabatan kosong seperti wagub Aceh tidak disyaratkan dari internal partai pengusung. Sebab prinsip demokrasi memang dari rakyat dan untuk rakyat, bukan dari partai untuk partai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *