UKRAINA SALURKAN GANDUM JUTAAN TON KE PASAR GLOBAL

oleh -
oleh
UKRAINA SALURKAN GANDUM JUTAAN TON KE PASAR GLOBAL 1

Palangka Raya (Dayak News) -Ukraina dan Rusia menandatangani perjanjian untuk menyalurkan jutaan ton gandum milik Ukraina kepada pasar global di Istanbul, Turkiye, pada Jumat (22/7/2022).

Sekretaris Jendral PBB menyabut positif perjanjian ini, ia memuji kedua belah pihak yang rela mengatasi hambatan dan menyampingkan perbedaan dalam upaya melayani kepentingan bersama semua pihak, terutama negara-negara berkembang yang sedang mengalami krisis pangan.

“Anda telah mengatasi hambatan dan mengesampingkan perbedaan untuk membuka jalan bagi inisiatif yang akan melayani kepentingan bersama semua pihak,” tutur Antonio Guterres dikutip dari Kompas.com, Sabtu (23/7).

Lanjutnya, Guterres menyampaikan bahwa mempromosikan kesejahteraan manusia adalah landasan yang mendorong terjalinnya perjanjian ini, baginya pertanyaan yang munvul bukanlah soal apa yang baik bagi suatu pihak tetapi apa yang baik bagi kesejahteraan manusia, ia berpendapat bahwa yang menjadi fokus adalah kepentingan masyarakat dunia dan menekankan bahwa perjanjian ini bukan hanya baik untuk Ukrania dan Rusia saja tetapi kepada masyarakat dunia,” pungkas Guterres.

Ukraina merupakan negara pengekspor gandum terbesar di dunia, tetapi pecahnya konflik dengan Rusia menyebabkan distribusi mereka menjadi terhambat selama berbulan-bulan ke belakang. (Jef/San)

BACA JUGA :  POLDA KALBAR JAMIN SETIAP TAHAP PEMILU AMAN DAN LANCAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.