VIVI ANITA ELKA, S.T., M.T SIAP PERJUANGKAN ISU INFRASTRUKTUR, PENDIDIKAN, DAN MASALAH SOSIAL DI GUNUNG MAS

oleh -
oleh
VIVI ANITA ELKA, S.T., M.T SIAP PERJUANGKAN ISU INFRASTRUKTUR, PENDIDIKAN, DAN MASALAH SOSIAL DI GUNUNG MAS 1
Vivi Anita Elka, S.T., M.T

Kuala Kurun (Dayak News) – Bakal maju sebagai Calon Legislatif (Caleg) 2024 bersama Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Vivi Anita Elka, S.T., M.T, akan fokus pada isu infrastruktur, pendidikan, dan masalah sosial di Kabupaten Gunung Mas.

Vivi Anita Elka, S.T., M.T yang merupakan asli kelahiran Kuala Kurun, memulai pendidikannya di kota kelahirannya ini dari SD hingga SMA, dan di lanjutkan ke Yogyakarta untuk menempuh pendidikan S1-Teknik Sipil dan kemudian kembali mengambil pendidikan S2-Magister Teknik Sipil di Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY) dengan nilai kelulusan Cum Laude pada tahun 2012.

Memulai pelayanan di Kabupaten Gunung Mas sejak tahun 2013 sebagai Pendamping Desa Bidang Teknik Program P3MD (Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa) , Konsultan Teknik, Fasilitator Senior hingga District Coordinator (DC) Program Nasional Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS), selama 10 tahun lebih  dia melakukan pekerjaan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat di Kabupaten Gunung Mas, selain itu ia juga sudah mendirikan Komunitas Ibu Muda (KIM) Gunung Mas tahun 2019 yang bergerak dalam bidang Sosial, Pendidikan dan Kesehatan Masyarakat.

Pengalaman selama puluhan tahun melakukan pelayanan di Kabupaten Gunung Mas, membuat Vivi Anita Elka, S.T., M.T yang saat ini sebagai ketua KIM Gunung Mas ini melihat dan menemukan ada banyak permasalahan masyarakat khususnya pada mereka yang tinggal di pedesaan.

“Permasalahan yang ditemukan antara lain adalah: pertama, pembangunan sarana dan prasarana, infrastruktur yang belum merata. Sehingga berdampak pada aktivitas sosial, perekonomian masyarakat, membuat proses tataniaga antara kota dan desa bergerak lambat, dan akibatnya harga-harga kebutuhan pokok menjadi tinggi,” terang Alumnus 2002-2005 SMA 1 Kuala Kuala Kurun ini.

BACA JUGA :  DPC PARTAI KEBANGKITAN BANGSA KOTA PALANGKA RAYA SIAP AMBIL HATI KAUM MILENIAL PADA PEMILU 2024

Selain belum meratanya pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur, ia juga menyebut, masalah yang kedua adalah pendidikan. “Seperti yang kita tahu pendidikan menjadi salah satu sarana untuk membekali diri dalam kehidupan, bagaimana cara kita berpikir logis, bersosial, beretika, dan beradab dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat,” imbuhnya.

Faktanya, imbuh alumnus UAJY ini, pada hari ini masih terdapat kesenjangan kualitas pendidik dan satuan didik yang berada di kota dan di pedesaan. Belum meratanya sebaran guru ke daerah pedesaan, belum optimalnya proses pembelajaran di kelas terutama karena terbatasnya bahan ajar seperti buku, penerapan teknologi informasi dan lain sebagainya.

“Dan yang ketiga adalah masalah sosial.  Hingga saat ini masih ada masyarakat miskin yang tidak memiliki kartu identitas penduduk, sehingga apabila mereka sakit, mereka tidak terlindungi oleh BPJS yang di tanggung pemerintah karena tidak memiliki kartu identitas penduduk, masalah seperti ini sering saya tangani bersama teman-teman dari KIM Gunung Mas, dan ini fakta di lapangan” katanya.

Ada misi khusus yang Vivi Anita Elka, S.T., M.T siapkan seandainya terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, yaitu membangun Kabupaten Gunung Mas melalui pintu DPRD, memperjuangkan kepentingan masyarakat dan semangat untuk berubah kearah yang lebih baik.

“Melalui dukungan dan restu dari masyarakat Gunung Mas terkhusus Dapil 1, saya memiliki keyakinan dan semangat untuk terjun ke dunia politik. Jika terpilih nanti, saya akan memberi warna pada setiap kebijakan-kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Gunung Mas. Yang Muda bergerak, kita membawa perubahan dan berdampak bagi masyarakat”, tandasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.