Polresta Palangka Raya Hadiri Secara Virtual Rakernis Bareskrim Polri

oleh -
Polresta Palangka Raya Hadiri Secara Virtual Rakernis Bareskrim Polri 1

Polresta Palangka Raya – Kepolisian Resor Kota Palangka Raya, Polda Kalteng turut menghadiri secara virtual Rapat Kerja Teknis (Rakernis) yang digelar oleh Bareskrim Polri Tahun Anggaran 2022, Rabu (8/6/2022) pagi.

Polresta Palangka Raya pun menghadiri Rakernis tersebut dengan diwakili oleh Satuan Fungsi dari Satreskrim dan Satresnarkoba melalui Aula Wira Pratama pada Mapolresta Palangka Raya, Jalan Tjilik Riwut Km. 3,5, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Wakasat Reskrim, AKP Suharno yang turut menghadiri kegiatan itu pun menjelaskan, Rakernis yang digelar oleh Bareskrim Polri tersebut diselenggarakan pada Provinsi Bali, serta dibuka secara langsung oleh Kabareskrim Polri, Komjen Pol. Agus Andrianto.

“Rakernis Bareskrim Polri ini digelar dengan mengangkat tema yakni Transformasi Penyidik yang Presisi Guna Mendukung Pemulihan Ekonomi Sosial, serta rencananya akan digelar selama 4 hari,” ungkap Wakasat Reskrim.

Kabareskrim Polri dalam sambutannya pun menyampaikan terkait tugas pokok dan fungsi dari Reserse Kriminal Polri, yang bergelut dibidang penegakkan hukum.

“Dalam sambutan Bapak Kabareskrim, dirinya menegaskan agar Fungsi Reserse Kriminal Polri dapat memenuhi harapan dan keinginan masyarakat tentang penegakan hukum yang adil, bersih dan jujur, sebagaimana motto Presisi yang digagas oleh Bapak Kapolri,” ungkap AKP Suharno.

Selain itu, Kabareskrim pun juga menyinggung soal Restorative Justice (RJ) yang harus dikedepankan dalam setiap penanganan perkara, sebab dengan RJ akan dapat memberikan kepastian hukum yang berkeadilan sehingga langsung dirasakan masyarakat.

“Jadi Bapak Agus Andrianto pun menekankan, bahwa untuk kasus-kasus yang menjadi perhatian publik khususnya yang menyentuh keadilan bagi masyarakat agar dapat diperbaiki dengan Restorative Justice tersebut,” tutur Suharno.

“Selain itu juga mengedepankan hukum progresif dalam menyelesaikan perkara melalui restorative justice, yang diharapkan tidak hanya melihat dari aspek kepastian hukum, akan tetapi pada kemanfaatan dan keadilannya,” lanjutnya.

BACA JUGA :  Laksanakan Pengamanan di UPT Puskesman Bukit Hindu, Personel Polsek Pahandut Lakukan Ini

Lanjut disampaikan Suharno, jika pada masa ini pengaduan masyarakat masih didominasi dengan katagori penerapan hukum dan sikap petugas Polri, yang oleh karenanya tiga hal penting pun kembali diatensikan oleh Kabareskirm dalam sambutan Rakernis tersebut.

“Tiga hal tersebut yakni peningkatan kinerja Polri terhadap sistem penegakkan hukum, pembenahan budaya organisasi di tubuh internal Polri dan peningkatan hubungan antara komunitas publik,” jelasnya.

“Poinnya Fungsi Reserse Kriminal Polri haruslah terus bekerja secara profesional dalam hal penegakkan hukum dengan menerapkan tiga hal tersebut beserta juga dengan transparansi, keterbukaan dan bertanggungjawab,” pungkasnya berdasarkan sambutan Kabareskrim. (pm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.