PERSONIL PROPAM POLRES SERUYAN LAKUKAN PENGENALAN FUNGSI KEPADA ANGGOTA BINTARA BARU POLRES SERUYAN

oleh -
PERSONIL PROPAM POLRES SERUYAN LAKUKAN PENGENALAN FUNGSI KEPADA ANGGOTA BINTARA BARU POLRES SERUYAN 1

Kuala Pembuang (Dayak News) – Propam adalah singkatan dari Profesi dan Pengamanan yang di pakai oleh oraganisai POLRI pada salah satu struktur organisasinya sejak 27 oktober 2002 (Kep KAPOLRI Nomor : Kep/54/x/2002),Sebelumnya di kenal Dinas Provos atau Satuan Provos POLRI yang organisasinya masih bersatu dengan TNI/Militer sebagai ABRI . Adapun Provost POLRI merupakan satuan fungsi pembinaan dari polisi Organisai Militer /POM atau istilah Polisi Militer /PM. kamis(30/12/2021).

Tiga fungsi Divisi Propam diatur dalam bentuk sub organisasi bernama Biro. Setidaknya, terdapat tiga biro dalam Divisi Propam yang terdiri atas Biro Paminal, Biro Wabprof, dan Biru Provos. Berikut penjelasan mengenai fungsi ketiga biro tersebut dilansir dari propam.polri.go.id:

Fungsi Pengamanan dilingkungan internal organisasi POLRI dipertanggungjawabkan kepada Biro Paminal
Fungsi pertanggung-jawaban profesi diwadahi/dipertanggungjawabkan kepada Biro Wabprof
Fungsi Provos dalam penegakan disiplin dan ketertiban dilingkungan POLRI dipertanggungjawabkan kepada Biro Provos
Keberadaan divisi Propam juga terdapat di tingkat Polda dan Polres. Secara garis besar, divisi Propam di kedua tingkat mempunyai tugas dan fungsi yang sama. Adapun yang membedakan adalah nomenklaturnya, dengan di tingkat Polda, Propam disebut sebagai Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid. Propam). Sementara itu, di tingkat Polres, Seksi Profesi dan Pengamanan (Sipropam) digunakan untuk penyebutan Divisi Propam. (PR/Den)

BACA JUGA :  KAPOSPOL DANAU SELULUK PIMPIN APEL SENIN PAGI DI MAKO POLSEK HANAU, BERIKUT ARAHANNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.