64 SAPI KURBAN DISERAHKAN PEMROV KALTENG UNTUK PEMKO PALANGKA RAYA

oleh -
oleh
64 SAPI KURBAN DISERAHKAN PEMROV KALTENG UNTUK PEMKO PALANGKA RAYA 1

Palangka Raya, 30/7/2020 (Dayak News). Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) menyerahkan secara serentak 64 ekor sapi kurban untuk Kota Palangka Raya, Kamis (30/7/2020).

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Gubernur Kalteng, H.Sugianto Sabran diwakili Kepala Badan Kepegawaian (BLD) Karma F Dirun di Masjid Darussalam Palangka Raya, Kamis (30/7/3020).

Sapi kurban diterima oleh perwakilan Badan Pengelola Masjid Darussalam Palangka Raya H. Ridwan Syahrani.

Gubernur Kalteng H.Sugianto Sabran mengatakan, Pemprov Kalteng sebenarnya ingin bisa mengakomodir permintaan seluruh masyarakat Kalteng.

64 SAPI KURBAN DISERAHKAN PEMROV KALTENG UNTUK PEMKO PALANGKA RAYA 2

Namun ada keterbatasan, karena ada kebutuhan-kebutuhan yang paling utama. Oleh sebab itu, pada tahun 2020, pemerintah hanya bisa menyediakan sekitar 300 ekor sapi dibagi 13 Kabupaten/ satu kota. Angka ini jauh dibanding kurban dari biasanya,sekitar 700 sampai 1.000 ekor sapi kurban.

“Anggaran pemerintah daerah saat ini banyak digunakan lebih dulu untuk penanganan Covid-19,” jelasnya.

Dijelaskan, sejumlah upaya yang telah dilakukan Pemprov Kalteng sejak penetapan masa tanggap bencana Covid-19 Maret lalu.

“Sejak Kalteng berstatus tanggap bencana, Gubernur meminta kita bekerja keras dan bekerja bersama untuk menanggulangi Covid-19. Gubernur juga meminta seluruh Kepala SOPD untuk melakukan refocusing dan realokasi anggaran,” ucap Katma F. Dirun.

Menurut Katma, penanganan Covid-19 meliputi penanganan Covid-19 sendiri dan dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan.

Untuk biaya penanganan pasien di rumah sakit, disampaikan oleh Katma, ditanggung seluruhnya oleh pemerintah Pemprov Kalteng. Disamping itu juga menyiapkan rumah sakit darurat penanganan Covid-19, antara lain di Bapelkes dan BPSDM Kalteng.

“Gubernur tetap mengingatkan kepada kita semua agar kita tidak boleh lengah karena musuh kita saat ini (Covid-19) tidak terlihat. Kewaspadaan harus tetap kita tingkatkan. Protokol kesehatan harus tetap kita jalankan dimasa new normal, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, dan menjaga jarak,” ungkap Katma.

BACA JUGA :  MENANG PEMILIHAN, HM YUSUF BAKAL PIMPIN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH

Kegiatan itu, dihadiri pula oleh Kepala Badan Kesbangpol Kalteng Agus Pramono, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kalteng Mofit Saptono, dan Ketua MUI Kalteng KH Anwar Isa.

Sementara itu, distribusi bantuan hewan kurban Provinsi Kalteng didistribusikan di 14 Kabupaten/Kota di Kalteng pada 29-30 Juli 2020. Pada Rabu (29/7/2020), sapi kurban telah didistribusikan di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kapuas, Sukamara, Lamandau, Barito Utara, Murung Raya, Seruyan, Katingan, dan Gunung Mas.

Adapun pada hari Kamis (30/7/2020), sapi kurban didistribusikan di Kabupaten Kotawaringin Barat, Pulang Pisau, Barito Selatan, Barito Timur, dan Kota Palangka Raya. (PR/HMS/Den).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.