BOS DUKUNG PENGEMBANGAN BUDAYA DI PULANG PISAU

oleh -
oleh
BOS DUKUNG PENGEMBANGAN BUDAYA DI PULANG PISAU 1

Pulang Pisau, 5/8/2020 (Dayak News). Borneo Orangutan Survival (BOS) menyatakan komitmennya mendukung areal potensi orangutan di wilayah Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) dikembangkan sebagai obyek wisata.

Bupati Pulang Pisau, Edy Pratowo mengakui, desa Pilang, Kecamatan Jabiren Raya, Pulpis memang memiliki potensi untuk pengembangan pariwisata.

Hal tersebut juga mendapat dukungan dari BOS dan dari Citra Borneo Indah (CBI Group).

Dalam pengembangan potensi tersebut, Pemkab Pulpis bekerja sama dengan BOS Nyaru Menteng dan CBI melalui perusahaan sawitnya, untuk penangkaran orangutan, kata Edy Pratowo saat dikonfirmasi, Rabu (5/8/2020).

Dikatakan, untuk menuju wilayah konservasi tersebut, desa Pilang Kecamatan Jabiren Raya merupakan yang terdekat.

“Ini adalah salah satu yang bisa kita kerjasamakan dan diangkat sebagai salah satu objek tujuan wisata ke depan.Selain dari Nyaru Menteng dan Tanjung Puting,” kata Edy Pratowo.

Dijelaskan, masyarakat di Desa Pilang juga dalam mengelola Sumber Daya Alamnya (SDA) dilakukan dengan kearifan yang ditonjolkan.

“Misalnya mereka harus mengambil hasil alam berupa rotan, yang kemudian diolah menjadi kerajinan dan ini bisa kita padu-serasikan menjadi suatu karya home industry masyarakat lokal,” ujarnya.

Dengan demikian, ketika ada kunjungan turis ke wilayah tersebut untuk melihat konservasi orangutan sekaligus bisa melihat hasil kerajinan masyarakat, bahkan bisa dibeli.

Selanjutnya, ekonomi masyarakat juga bisa ditunjang dengan penyediaan pakan untuk orangutan. Misalnya, masyarakat menyediakan pakannya berupa buah-buahan lokal, kemudian dibeli pengelola untuk menjadi makanan orangutan.

“Untuk pengembangan tersebut, pemkab bisa menyiapkan fasilitasnya seperti rute kunjungan melalui susur sungai. Kita juga mohon dukungan dari Kementerian Pariwisata,” ucap Edy Pratowo.(Bobbe/Den).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.