BUPATI PULANG PISAU SAMBUT KEDATANGAN PRESIDEN RI JOKO WIDODO TINJAU LOKASI FOOD ESTATE

oleh -9 views
BUPATI PULANG PISAU SAMBUT KEDATANGAN PRESIDEN RI JOKO WIDODO TINJAU LOKASI FOOD ESTATE 1

Pulang Pisau,9/7/2020 (Dayak News). Bupati Pulang Pisau H. Edy Pratowo menyambut kedatangan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo yang meninjau secara langsung lokasi Food Estate di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kamis 9 Juli 2020.

Pantauan Zona Kalteng, dalam kunjungan tersebut, presiden didampingi Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran.

Sebelum ke Desa Belanti Siam, presiden beserta rombongan terlebih dahulu meninjau lokasi food estate yang berada di Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas.

Disamping mengunjungi lokasi Program Strategis Nasional (PSN) Food Estate, Presiden RI Jokowi juga untuk melakukan rapat koordinasi bersama pemerintah daerah terkait perkembangan penanganan COVID-19 di wilayah setempat.

Seperti diketahui bersama, Food Estate merupakan program yang akan dikembangkan Pemerintah Pusat untuk mempersiapkan Kalimantan Tengah menjadi lumbung pangan baru guna mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Food Estate merupakan konsep pengembangan produksi pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan yang berada di suatu kawasan lahan yang sangat luas.

Secara keseluruhan terdapat kurang lebih 165.000 hektare lahan potensial di Kalimantan Tengah yang diperuntukkan bagi pengembangan kawasan lumbung pangan nasional tersebut.

Saat ini lahan seluas 85.500 hektare dari jumlah keseluruhan itu merupakan lahan fungsional yang sudah berproduksi dalam setiap tahunnya.

Korporasi petani akan menjadi basis pengembangan kawasan lumbung pangan baru di Kalimantan Tengah ini yang akan dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan.

Para petani yang menggarap lahan dan peternakan itu selanjutnya akan terkonsolidasi dalam kelompok-kelompok tani untuk difasilitasi baik sarana maupun prasarana serta pendukung lainnya.

Sebelum kunjungan presiden, beberapa menteri seperti Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basoeki Hadimoeljono telah meninjau lokasi Program Strategis Nasional (PSN) Food Estate tersebut.

Selain itu, sejumlah menteri lainnya juga telah meninjau lokasi itu seperti Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang ATR/BPN, Dr Sofyan Djalil, serta Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, dan Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sakti Wahyu Trenggono dan Wakil Menteri Lingkungan Hidup (LHK) Alue Dohong.(Bobbe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *