KARHUTLA JADI PERHATIAN SERIUS DI PULPIS

oleh -30 views
KARHUTLA JADI PERHATIAN SERIUS DI PULPIS 1

Pulang Pisau, 17/8/2020 (Dayak News). Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menjadi masalah serius setiap terjadi musim panas atau kemarau di Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Kalimantan Tengah (Kalteng).

Maka jangan heran, masalah karhutla itu menjadi perhatian serius juga dari Bupati Pulpis H.Edy Pratowo.

Mengantisipasi agar jangan sampai terjadi karhutla, orang nomor satu di Pulpis itu menginstruksikan kepada semua kepala desa (Kades) agar memaksimalkan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk pencegahan Karhutla di wilayah masing-masing.

Edy Pratowo menegaskan, jangan sampai stigma yang dibangun selama ini pasrah menghadapi Karhutla. Padahal, banyak yang sudah diupayakan dalam mencegah Karhutla.

Bupati mengungkapkan, memaksimalkan ADD untuk pencegahan Karhutla ini harus menjadi perhatian kades. Itu supaya jangan sampai terjadi Karhutla, kata Bupati di Pulpis,Senin (17/8/2020).

” Jangan terjadi karhutla di lokasi desa malah teriak mengharapkan peran aktif Kabupaten yang dominan. Jika cara itu yang terjadi, maka api sempat membesar. Ini jangan sampai terjadi,” tegas Edy Pratowo.

Dia mengingatkan, desa ke kabupaten itu nantinya hanya tinggal melakukan koordinasi saja. Maksimalkan dulu pencegahan di desa, agar api tidak sampai meluas.

“Berikan edukasi kepada masyarakat agar jangan sampai membakar hutan dan lahan. Maksimalkan dipencegahan.Jika sudah terjadi karhutla akan sulit dipadamkan (Pr/Bobbe/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *