KAPOLRES SERUYAN MEMIMPIN UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA DI HALAMAN MAPOLRES SERUYAN

oleh -
KAPOLRES SERUYAN MEMIMPIN UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA DI HALAMAN MAPOLRES SERUYAN 1

Kuala Pembuang (Dayak News). Senin Pagi Kapolres Seruyan AKBP Bayu Wicaksono, S.H., S.I.K., M.Si., memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2021 Pancasila Dalam Tindakan Bersatu Untuk Indonesia Tangguh, bertempat di Halaman Mapolres Seruyan Jl.Ayani Kec.Seruyan Hilir Kab.Seruyan.(1/6/21)

Kegiatan diikuti oleh Kapolres Seruyan AKBP Bayu Wicaksono, S.H., S.I.K., M.Si.,Para Penjabat Utama Polres dan personel Polres Seruyan.

Kapolres Seruyan AKBP Bayu Wicaksono, S.H., S.I.K., M.Si., bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup). Dalam amanatnya, Kapolres menegaskan bahwa Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa, melalui perenungan,pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia.

Dijelaskannya, Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

Dikatakannya, saat itu para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar Negara yang kokoh, yang menjadi pondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Rangkaian proses besar tersebut harus selalu kita ingat, kita dalami semangatnya dan kita pahami rohnya. Adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita,”

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2021 ini, Kapolres Seruyan AKBP Bayu Wicaksono, S.H., S.I.K., M.Si., mengajak peserta upacara untuk meneguhkan semangat bersatu, berbagi dan berprestasi.

“Sekali lagi mari kita bangun perdamaian di kehidupan kita dengan modal semangat dan energi kebersamaan, kita akan mampu berprestasi untuk memenangkan kompetisi global dengan percaya diri dan berani bersaing dalam kehidupan dunia yang semakin terbuka dan kompetitif,”

BACA JUGA :  PERSONEL POLSEK D. SEMBULUH TIDAK BOSAN LAKSANAKAN SAMBANG TOKOH AGAMA RUTIN DENGAR KELUHANAN MASYARAKAT

Ditekankan pula, perlunya memperkokoh kekuatan kolektif bangsa dan tidak boleh menghambur-hamburkan energi dalam perselisihan dan perpecahan. “Kita harus melakukan lompatan besar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan tangguh

Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini, Kapolres Seruyan AKBP Bayu Wicaksono, S.H., S.I.K., M.Si.,Menjelaskan harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila sekaligus untuk memperkuat kesetiaan sebagai warga negara, sekaligus sebagai anggota Polri agar selalu cinta terhadap Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia.

Marilah kita terus amalkan warisan mulia pada founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia. (PR/Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.