SERUAN KAMTIBMAS BISA DILAKUKAN DENGAN BERBAGAI CARA. SALAH SATUNYA DENGAN BERPATROLI JALAN KAKI DAN MENYAPA WARGA YANG ADA DIPASAR SAIK, SEPERTI YANG DILAKUKAN TIM PATROLI SAT SABHARA POLRES SERUYAN POLDA KALTENG

oleh -
SERUAN KAMTIBMAS BISA DILAKUKAN DENGAN BERBAGAI CARA. SALAH SATUNYA DENGAN BERPATROLI JALAN KAKI DAN MENYAPA WARGA YANG ADA DIPASAR SAIK, SEPERTI YANG DILAKUKAN TIM PATROLI SAT SABHARA POLRES SERUYAN POLDA KALTENG 1

Kuala Pembuang (DayakNews) – Tim patroli tersebut menyasar pedagang dan pengunjung pasar Saik sembari menyampaikan pesan kamtibmas.

Kapolres Seruyan Polda Kalteng, AKBP Bayu Wicaksono, S.H., S.I.K., M.Si melalui Kasat Sabhara AKP Harjanto mengatakan seruan kamtibmas yang paling efektif ialah dengan cara mendatangi masyarakat. Sebab pada saat itu, komunikasi berjalan dua arah, polisi bisa melakukan imbauan sedangkan masyarakat bisa menceritakan bahkan memberikan saran kepada polisi.

“Dengan cara tatap muka seperti ini maka segala imbuan bisa tersampaikan,” ujarnya.

Misal, kepada pengunjung pasar kita mengimbau agar mereka tak mengenakan perhiasan yang mencolok atau lengah saat menggunakan HP. Sebab faktor tersebut bisa menjadikan masyarakat menjadi korban perampasan.

“Sedangkan yang membawa anak, kami mengimbau agar mereka jangan sampai lengah jangan karena orang tua lengah anak-anaknya jadi korban kecelakaan,” imbuhnya.

AKP Harjanto menuturkan, dalam pelaksanaan patroli pihaknya juga kerap meminta saran dan pendapat tentang hadirnya tim berseragam lengkap berada di tengah-tengah masyarakat. Menurutnya, respon masyarakat sangat positif. Mereka mengaku merasa aman dan nyaman.

“Mereka mengatakan polisi sekarang lebih humanis, dan dengan adanya patrol jalan kaki ini mereka tak khawatir dengan aksi kejahatan jalanan. Mereka pun berharap kegiatan yang sama dilakukan rutin,” pungkasnya. (PR/Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.