TINGKATKAN SINERGI DALAM PENANGANAN KARHUTLA

oleh -6 views
TINGKATKAN SINERGI DALAM PENANGANAN KARHUTLA 1

Kuala Pembuang (Dayak News) – Kapolres Seruyan AKBP Bayu Wicaksono, S.H., S.I.K., M.Si menyampaikan bahwa Hal yang saat ini menjadi kekhawatiran bersama sehingga sangat perlu melakukan antisipasi jangan sampai terjadi kebakaran hutan mengingat kita menghadapi musim kemarau. Ketika kebakaran ini terjadi maka akan berdampak pada masalah ekonomi, kesehatan, dan lainnya. Dimana saat ini juga kita tengah dihadapkan dengan pandemi yang juga berdampak pada ekonomi dan kesehatan.

Selain itu pula, Kapolres Seruyan juga mengatakan bahwa Karhutla ini menjadi permasalahan yang sangat serius sehingga mendapat pantauan langsung dari Presiden bahkan dunia. Oleh karena itu, Ia menekankan, agar semua pihak harus saling bersinergi menangani masalah tersebut.

“Pihak-pihak terkait harus cepat tanggap terhadap karhutla ini jangan sampai terpantau dengan satelit internasional. Untuk teknisnya bagaimana penanganan dan pencegahan Karhutla ini, Namun Saya berharap kemarau ini tidak berlangsung lama sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” Ujar Kapolres Seruyan mengakhiri.

“Adapun yang menyebabkan Karhutla ini ada beberapa faktor yakni ulah manusia atau masyarakat yang membuka lahan dengan cara membakar, ada juga karena kelalaian, ada yang secara di sengaja untuk membersihkan ladang agar lebih mudah dan cepat. Tentunya hal ini tidak hanya dilakukan perorangan namun juga perusahaan. Sementara itu, untuk perusahaan sudah kami surati untuk tidak membuka lahan dengan membakar dan ini sudah disetujui,” terangnya.

Kapolres Seruyan menekankan untuk memprioritaskan upaya pencegahan dengan konsolidasi yang baik, monitoring kawasan, segera antisipasi titik api sekecil apapun. Namun kita sangat mengharapkan ditempat kita tidak ada aktifitas pembakaran lahan,” sambungnya lagi.

“Kita berharap Kabupaten Seruyan bisa menangani karhulta ini dengan baik dan semoga Allah memberikan pertolongan kepada kita semua,” ujar Kapolres Seruyan.

Kapolres Seruyan juga menyampaikan bahwa salah satu tugas dari Polri ialah membantu Pemerintah dalam penanggulanan bencana. Tentunya hal tersebut menjadi saling berkaitan dan Polri akan siap membantu Pemerintah.

“Kami akan selalu bersinergi dengan instansi terkait dalam mengatasi karhutla ini. Tentunya hal ini tidak dapat dilakukan oleh satu instansi sehingga dibutuhkan kerjasama yang baik dari semua pihak,” jelasnya. (PR/Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.