Terjebak Ratusan Kendaraan di Jalan Lintas Palangka Raya- Kuala Kurun

oleh -
oleh

Palangka Raya, Dayak News.

Ratusan kendaraan roda dua, empat atau lebih terjebak di jalan nasional lintas Palangka Raya, Ibukota Kalimantan Tengah (Kalteng)- Kuala Kurun, ibukota Kabupaten Gunung Mas yang terputus diterjang banjir meluapnya air dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Kahayan, Rabu (17/1/18).

Bagian terputus  sekitar 300 meter, tepatnya di desa Penda Barania, Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau. Belasan Anggota  Kepolisian terlihat sigap turun mengatur barisan antrian kendaraan yang terjebak untuk bisa lolos. Melalui jalan beraspal yang sudah banyak terkelupas dan berlobang itu terpaksa hanya satu jalur secara bergantian dari dua arah.

Wartawan Dayak News yang lewat di ruas jalan itu, Rabu sore (17/1/18) juga turut terjebak. Bisa lolos dari terjebak di bagian yang terendam ini terpaksa harus menunggu antrian satu jam lebih. Informasi dari masyarakat Bukit Rawi,  air merendam daerah itu selain kiriman dari bagian atas yang sedang meluap tinggi, ditambah hujan lebat ditempat itu dalam beberapa hari terakhir sehingga membuat kondisi air seakan tertampung di sekitar rawa di bagian kiri kanan jalan.

Tingkat kedalaman air yang merendam jalan tersebut besok hari, Kamis (18/1/18) tidak menutup kemungkinan debitnya semakin bertamah. Hal itu wajar, bagian atas di sekitar Kecamatan Banama Tingang , seperti di desa Ramang sejak kemarin sudah banyak terendam. Tentu air kirimannya ini akan memperparah kondisi jalan di sekitar Bukit Rawi yang setiap tahun selalu terendam ini. (Dayak News/BBU).