PBS DUKUNG PROGRAM BPJS DI GUMAS

oleh -
oleh

KUALA KURUN, DAYAK NEWS.

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau  Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Besar Swasta (PBS) mendukung Program Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan Ketenagkerjaan di Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah (Kalteng) disambut oleh Kepala Dinas Kesehatan Gumas dr.Maria Efianti.

Dr. Maria Efianti, menilai sangat tepat bila PBS yang berinvestasi di Gumas membiayai warga desa untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Langkah dilakukan PBS semacam itu sebagai wujud kepedulian, sesuai dengan tanggung jawab CSR dari perusahaan yang berinvestasi.

Dikatakan, membiayai BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan bagi masyarakat merupakan bagian dari pelaksanaan program CSR mereka. “Jadi wajib dong dilaksanakan, tidak semata mata berinvestasi,” ucap Maria menjawab Wartawan di Kuala Kurun, Kamis (8/2/18).

Sebagai mana diketahui, baru-baru ini, Bupati Gumas Drs.Arton S Dohong telah mengadakan pertemuan khusus antara PBS dengan BPJS menuntut komitmen tentang peran PBS terhadap Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Gumas.

Menurut dr.Maria Efianti, sudah seharusnya warga desa sekitar perusahaan mendapatkan manfaat dari hadirnya investor di daerahnya. Seperti halnya BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan yang tidak bisa semuanya dibebankan ke Pemerintah Daerah (Pemda) Gumas.

“Apalagi keuangan daerah Gumas saat ini terbatas. Dukungan perusahaan itu mutlak,karena program kesehatan itu kebutuhan yang sangat penting. Warga desa sehat, produktivitas pun meningkat,” tutur dr.Maria Efianti.

Dikatakan,  BPJS Kesehatan itu menyelengarakan program jaminan kesehatan bagi masyarakat. Sedangkan  BPJS  Ketenagakerjaan menyelenggarakan jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun dan jaminan kematian.

“Jadi sangat wajar BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan dibutuhkan masyarakat. Hal ini menjadi tanggung jawab bersama  antara Pemda dan perusahaan yang berinvestasi di Gumas” ujar Maria.(Dayak News/PR/BBU).