DISOSIALISASI PANDUAN LOMBA CIPTA MENU DI GUMAS

oleh -89 views

Kuala Kurun, Dayak News.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar Sosialisasi Panduan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).

Kegiatan digelar di Kuala Kurun, Rabu (23/5/2018). Sosialisasi diikuti oleh perwakilan seluruh Tim Penggerak (TP) PKK tingkat Kecamatan yang ada di Kabupaten Gumas.

Kepala DPKP Kabupaten Gumas, Ir Kardinal dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kabid Ketahanan Pangan, Rambatomi, S.Pt mengatakan,pola konsumsi pangan sehat perlu disosialisasikan kepada masyarakat, untuk menumbuhkan atau meningkatkan kesadaran terhadap pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman, serta meningkatkan kualitas hidup.

“Selain itu juga untuk mendorong kreatifitas masyarakat, khususnya ibu-ibu rumah tangga, dalam memilih, menentukan, menyusun, dan menciptakan menu beragam, bergizi, seimbang, dan aman, seusai potensi sumberdaya lokal,” ucapnya.

Salah satu permasalahan kekurangan gizi (srunting) yang saat ini menjadi perhatian serius dari Pemerintah. Stunting kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis, sehingga anak terlalu pendek pada usianya.

Stunting disebabkan oleh faktor gizi buruk yang dialami oleh ibu hamil maupun anak balita, juga terhadap remaja putri yang merupakan calon ibu di masa mendatang.

“Konsumsi pangan yang berkualitas diharapkan dapat mengatasi permasalahan gizi ganda,kekurangan dan kelebihan gizi yang selama ini terjadi,” tambahnya.

Sementara itu, Kasi Konsumsi dan Keamanan Pangan, Sri Yuniati, SP menyampaikan, rencananya dalam waktu dekat DPKP Kabupaten Gumas bersama TP PKK Kabupaten Gumas akan mengadakan lomba cipta menu B2SA tingkat Kabupaten Gumas.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan para peserta lomba Cipta Menu B2SA mengetahui panduan saat perlombaan nanti. Rencananya, lomba akan dilakukan saat Jambore TP PKK tingkat Kabupaten Gumas yang dilakukan pada bulan Juli 2018 mendatang. (Dayak News/AI/BBU).