ANTISIPASI KENAIKAN HARGA, TPID BAKAL GELAR PASAR PENYEIMBANG

oleh -
oleh
ANTISIPASI KENAIKAN HARGA, TPID BAKAL GELAR PASAR PENYEIMBANG 1
Foto: RAPAT - Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kapuas H Masrani saat memimpin rapat yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Bupati Kapuas, Senin (20/05/19) pagi.(Dayak News/Nurdin).

KUALA KAPUAS, 20/5/19 (Dayak News). Dalam rangka bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H serta mengatasi gejolak adanya kenaikan Liquified Petroleum Gas (LPG) Tabung 3 Kg Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Kapuas mengadakan rapat yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Bupati Kapuas, Senin (20/05/19) pagi.

TPID yang terdiri dari Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kapuas, Dinas Perindagkop dan umkm, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan, Dinas Kominfo, Dinas PUPRPKP dan Badan Urusan Logistik (Bulog) wilayah I Kabupaten Kapuas serta Sekretariat Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam, masing-masing melaporkan kesiapannya mengantisipasi inflasi.

Sebelumnya Dinas Perindagkop telah melakukan pengawasan barang beredar (bahan makanan) dibeberapa lokasi di Kota Kuala Kapuas yang dilaksanakan secara gabungan yang melibatkan Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Palangka Raya, Polres Kapuas, Dinas Kesehatan, Bappeda, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Kecamatan Selat, Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kapuas H Masrani selaku pemimpin rapat menyampaikan diadakannya Pasar Penyeimbang sebagai solusi agar tidak melonjaknya harga barang-barang pokok terkait menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H. “ Adanya antisipasi Pasar Penyeimbang sebagai upaya untuk menyeimbangkan harga-harga bahan pokok yang mengalami kenaikan,” jelasnya.

Lebih lanjut dia berharap kepada dinas-dinas terkait untuk terus melakukan razia pasar dan memberikan informasi pasar kepada masyarakat sehingga harga-harga bahan pokok di pasar tidak mengalami kenaikan yang signifikan dan masyarakat lebih mengetahui informasi ketersediaan pangan yang tersedia di pasar.

Sementara itu Kepala Disperindagkop H Suparman menerangkan dilaksanakannya razia pasar sebagai antisipasi kenaikan harga bahan-bahan pokok. Dia Juga menjelaskan untuk sekarang belum ada kenaikan harga barang yang signifikan di lokasi pasar Kabupaten Kapuas.

BACA JUGA :  Kapolres Kobar Cek Gerai Vaksin Dan Motivasi Anak - Anak

Perwakilan Dinas pertanian melaporkan untuk stok beras dilokasi masih cukup tersedia tergantung permintaan konsumen dan berharap dengan adanya pasar penyeimbang dapat menaikkan pendapatan petani lokal.

Suwarno Muriyat menyampaikan terkait adanya kegiatan pasar penyeimbang, Dinas Kominfo Kapuas siap mensosialisasikan informasi terkait pasar penyeimbang melalui media cetak, online, radio maupun video tron milik Pemerintah Kabupaten Kapuas sehingga masyarakat tahu mengenai kegiatan tersebut dan berharap kepada OPD terkait untuk memberikan data-data terkait ketersediaan bahan pangan. (Dayak News/ND/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.