Kabupaten Gunung Mas Gelar Pelatihan SDM Kesenian Tradisional dan Bimbingan Teknis Pemandu Wisata

oleh -
oleh
Kabupaten Gunung Mas Gelar Pelatihan SDM Kesenian Tradisional dan Bimbingan Teknis Pemandu Wisata 1
Pendidikan dan Pelatihan SDM Kesenian Tradisional serta Bimbingan Teknis Pemandu Wisata dan Pengelola Kebudayaan se- Kabupaten Gunung Mas, yang diadakan di GPU Damang Batu, Selasa (03/10/2023). (foto/ist)

Kuala Kurun (Dayak News) – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mengadakan Pendidikan dan Pelatihan SDM Kesenian Tradisional serta Bimbingan Teknis Pemandu Wisata dan Pengelola Kebudayaan di seluruh Kabupaten Gunung Mas. Acara ini berlangsung di GPU Damang Batu pada hari Selasa, 3 Oktober 2023.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Gumas, Lurand, yang juga membuka kegiatan ini, serta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Hansli Gonak, Kepala OPD beserta staf, perwakilan dari desa, tokoh adat, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong, yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Gumas, menggarisbawahi pentingnya pembangunan pariwisata yang berkelanjutan. Ia menekankan perlunya kerja sama antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat untuk mencapai tujuan ini. Pembangunan pariwisata harus memperhatikan aspek ekologi, ekonomi, etika, dan sosial terhadap masyarakat.

Bupati juga mengingatkan para peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik, karena materi yang akan disampaikan oleh narasumber dianggap sangat penting dan bermanfaat. Ia berharap peserta dapat menjalankan tugas mereka sebagai pelaku pariwisata dan budaya dengan baik setelah mengikuti pelatihan ini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata melaporkan bahwa acara ini diikuti oleh berbagai kelompok, termasuk POKDARWIS (Pokok-Pokok Pikiran Pengelola Wisata) dan Desa Wisata, Juru Pelihara, serta Sanggar Seni Budaya, dengan jumlah peserta mencapai 120 orang. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) agar dapat menjalankan tugas dan fungsi mereka dalam pengembangan pariwisata dan pelestarian budaya daerah. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk membuka wawasan dan pengetahuan, memecahkan permasalahan yang muncul di lapangan, serta mensosialisasikan peraturan daerah terkait dengan pariwisata dan kebudayaan di Kabupaten Gunung Mas. (ist)

BACA JUGA :  Polsek Basarang Himbau Maklumat Polda Kalteng

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.