Seminar Kesehatan Rangkaian HPN di Kalteng

oleh -
oleh

Palangka Raya, Dayak News.

Hari Pers Nasional (HPN) ke 72 tingkat Propinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun 2018 di gelar berbagai kegiatan. Acara puncak pertengahan Pebruari 2018 dipusatkan di Buntok, Ibukota Kabupaten Barito Selatan (Barsel). Diluar kegiatan tersebut banyak agenda kegiatan yang dilakukan.

Dalam waktu dekat akan dilaksanakan seminar kesehatan. Kegiatan ini secara formal dilaksanakan atas kerja sama PWI Kalteng dan Dinas Kesehatan Kalteng, demikian Ketua PWI Kalteng H.Sutransyah saat dikonfirmasi Dayak News di Palangka Raya, Selasa (23/1/18).

Kepala Dinas Kesehatan Kalteng, Suprastija Budi menyambut baik seminar ini. Hal itu tentu, karena seminar semacam ini sebagai upaya mendukung program pemerintah untuk menyosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Program ini bertujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Pihak Dinas Kesehatan menganggap kerjasama dengan PWI sangat baik. Dinas Kesehatan merasa terbantu dalam rangka menyosialisasikan Germas di tengah masyarakat. Apalagi peserta sarasehan terdiri dari kalangan pekerja media cetak,elektronik maupun online.

Menurut Ketua PWI Kalteng, H. Sutransyah, kalangan wartawan perlu mendapatkan informasi, bagaimana pola hidup bersih dan sehat. Hal itu supaya wartawan mampu bergerak memberikan informasi kepada masyarakat. Paling tidak, wartawan bisa berperan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Kalau wartawan paham tentu akan meningkatkan kesadaran, minimal di lingkungan keluarga sendiri. Setelah itu, bisa menggerakkan masyarakat melalui pemberitaan di media bagaimana pola hidup sehat mulai dari remaja, menikah, menjadi ibu hamil hingga melahirkan anak.

Saya sendiri, perlu pemahaman itu. Pernah beberapa kali ikut sosialisasi, masih merasa kurang dalam mendapatkan ilmu mengajarkan pola hidup sehat kepada anak. Jadi kami rasa sarasehan sangat penting untuk kalangan wartawan, ucap Sutransyah.(Dayak News/PR/BBU).