WAGUB KALTENG MENCOBA MEMAINKAN ALAT MUSIK TRADISONAL SUKU TANAH SIANG MURA

oleh -15 views

Puruk Cahu, 1/8/19 ( Dayak News). Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya penasaran melihat penampilan dan suara dari alat musik tradisional suku Dayak Siang, Kabupaten Murung Raya (Mura).

Puncak pelampiasan rasa penasarannya dia langsung ijin mencoba memainkannya.Hal itu terjadi usai dia pimpin upacara Hari Jadi Kabupaten Mura Ke 17 di kota Puruk Cahu, Kamis (1/8/19).

Alat musik dimainkan oleh Wagub Kalteng itu bernama Tangkurung yang merupakan salah satu alat nusik tradisional yang memiliki keunikan.

Sebekumnya rombongan Guberbur diikuti dengan pertunjukan Tangkurung dari beberapa orang pria. Tangkurung adalah alat musik karya asli masyarakat suku Dayak Kalteng, tepatnya suku Dayak Tanah Siang, Kecamatan Tanah Siang, Kabupaten Mura.

Jenis instrument ini tidak terdapat di daerah lain, jadi tidaklah heran bahkan tidak semua warga Kalteng mengetahui keberadaan alat musik ini.

“Tangkurung merupakan alat musik yang terbuat dari bahan kayu ulin dan bambu yang disambung memanjang. Tangkurung tergolong dalam jenis alat musik perkusi yang berbentuk tongkat, karena bentuknya itulah sekilas tidak ada yang mengira jika benda ini bisa menghasilkan nada-nada perkusi yang unik,” jelas Ramang, salah seorang pemain musik tradisional ini.

“Tangkurung biasanya terdiri atas empat buah, yang dimainkan bersama-sama oleh empat orang. Kalau kurang dari empat, nada yang dihasilkan jadi tidak bagus,” katanya.(Dayak News/Adv/PR/Den/BBU).

BACA JUGA :  WAGUB PIMPIN UPACARA HARI JADI KE-17 KABUPATEN MURA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *