Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong Resmikan Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) Tahun 2024

oleh -
oleh
Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong Resmikan Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) Tahun 2024 1
Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong Launching Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk bantuan pangan tahun 2024. Kegiatan dilaksanakan di halaman kantor Bulog Kuala kurun pada, Selasa (30/1/2024) pagi.

Kuala Kurun (Dayak News) – Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong, secara resmi meluncurkan program penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk bantuan pangan tahun 2024. Peluncuran ini dilaksanakan di halaman kantor Bulog Kuala Kurun pada Selasa pagi (30/1/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Jaya menyatakan bahwa penyaluran CPP ini ditujukan untuk membantu masyarakat yang berada dalam kategori miskin dan rentan pangan di beberapa kecamatan Kabupaten Gunung Mas.

“Dengan adanya bantuan penyaluran pangan ini, semoga dapat membantu masyarakat kita yang membutuhkan. Saya berharap penyaluran CPP dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya,” ujarnya.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Gunung Mas, Eigh Manto, yang turut hadir dalam acara tersebut, menjelaskan bahwa tujuan dari penyaluran cadangan pangan pemerintah adalah untuk mengurangi beban pengeluaran bagi penerima bantuan pangan, sekaligus sebagai upaya dalam mengentaskan kemiskinan, menangani kerawanan pangan, menanggulangi kekurangan pangan dan gizi, menurunkan stunting, mengendalikan gejolak harga pangan dan inflasi, serta melindungi produsen dan konsumen.

Eigh Manto menyampaikan bahwa sasaran penerima bantuan pangan adalah masyarakat miskin, sesuai dengan data Penerima Bantuan Pangan (PBP) yang dilengkapi dengan NIK dari data P3KE Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

“Penerima Bantuan Pangan (PBP) untuk Kabupaten Gunung Mas berjumlah 2820, tersebar di beberapa kecamatan dengan jumlah yang berbeda-beda,” ungkapnya.

Jenis bantuan pangan yang disalurkan berupa beras kualitas Medium dengan Netto 10 Kg/bln/PBP selama enam bulan. Penyaluran dilakukan secara bertahap, dengan tahap pertama pada bulan Januari-Maret dan tahap kedua pada bulan April-Juni tahun 2024.

Eigh Manto menjelaskan bahwa penyaluran bantuan pangan akan dilakukan melalui PT Pos Indonesia sebagai transporter, dan Perum Bulog sebagai pelaksana penyaluran. Penyaluran untuk tujuh kecamatan akan dilakukan oleh Perum Bulog Palangka Raya, sementara untuk lima kecamatan lainnya akan dilakukan oleh Gudang Bulog Kuala Kurun.

BACA JUGA :  Wakil Bupati Gunung Mas Membuka Kegiatan Advokasi Pokjanal Posyandu Kabupaten Gunung Mas Tahun 2023

“Hari ini, penyaluran bantuan pangan sudah dimulai dari Gudang Bulog Kuala Kurun untuk lima kecamatan, dengan jumlah beras mencapai 13.080 kg untuk 1.3080 penerima bantuan pangan,” tambahnya.

Acara peluncuran penyaluran cadangan pangan pemerintah ini dipimpin langsung oleh Bupati Jaya Samaya Monong, didampingi oleh Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Kepala Dinas terkait. Acara ini ditandai dengan pengibaran bendera start mobil angkutan CPP sebagai simbol dimulainya penyaluran bantuan pangan untuk tahun 2024. (Ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.