KBB DIMINTA DORONG BUBUHAN BANJAR BANGUN KALTENG

oleh -23 views
KBB DIMINTA DORONG BUBUHAN BANJAR BANGUN KALTENG 1

Palangka Raya, 29/11/2020 (Dayak News). Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) resmi dipimpin kepengurusan baru. Di bawah kepemimpinan H Chairuddin Halim, organisasi ini diharapkan mampu menyatukan seluruh warga keturunan Banjar di Bumi Tambun Bungai untuk lebih berperan dalam pembangunan daerah.

Stuktur Pengurus Wilayah (PW) KBB Provinsi Kalteng masa bakti 2020-2025 dilantik Sabtu (28/11/2020) malam, di ballroom Aquarius Boutique Hotel, Palangka Raya.

Prosesi pelantikan dipimpin Ketua KBB Pusat diwakili Sekretaris Jenderal (Sekjen) H Syarifuddin. Kegiatan dihadiri Plt Gubernur Kalteng diwakili Asisten Setda II H Nurul Edy dan Staf Ahli Gubernur (Kalimantan Selatan) H Fathurrahman.

Tampak hadir pula jajaran Dewan Pembina KBB Provinsi Kalteng H Abdul Razak dan Fairid Nafarin, serta Bupati Pulang Pisau (nonaktif) H Edy Pratowo dan Bupati Barito Selatan H Edy Raya Syamsuri.

Personalia pengurus yang dilantik di kegiatan ini merupakan hasil Musyawarah Wilayah (Muswil) II KBB Provinsi Kalteng yang digelar di Asrama Haji Al Mabrur, Palangka Raya, 28 Oktober 2020 lalu.

Struktur kepengurusan ini dipimpin Ketua Umum H Chairuddin Halim, Sekretaris Umum HM Istani P Yunus, Bendahara Bendahara Umum Muhammad Fauzan, dibantu sejumlah pengurus lainnya.

Sekjen KBB H Syarifuddin dalam arahannya meminta para pengurus yang dilantik dapat bekerja sama dengan rakat (solid) dalam menjalankan roda organisasi.

“Saya berharap kepengurusan KBB ini dapat menggerakkan warga Banjar di Kalteng untuk bersama suku bangsa lain bersama membabangun daerah,” sebut Sekjen KBB.

Harapan yang sama disampaikan Asisten Setda II Provinsi Kalteng H Nurul Edy saat membacakan sambutan tertulis Plt Gubernur Kalteng. Menurutnya, Bubuhan Banjar memiliki kualitas SDM yang kreatif di banyak bidang. Selain itu, keberadaannya juga tersebar luas di berbagai wilayah Kalteng.

“Potensi ini harus dimanfaatkan dengan baik. KBB bisa mendorong Bubuhan Banjar lainnya untuk lebih berperan dalam pembangunan Kalteng, baik dalam hal peningkatan ekonomi masyarakat dan daerah (PAD), penciptaan aparatur yang akuntabel, memperkuat budaya untuk membangun karakter bangsa, serta ikut menjaga toleransi masyarakat lintas agama dan budaya.

Di samping itu, Nurul Edy juga mengingatkan semakin dekatnya pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kalteng tahun 2020. Dia mengajak KBB dan seluruh warga keturunan Banjar di daerah ini untuk berpartisipasi sekaligus menyukseskan pesta demokrasi ini.

Di kesempatan yang sama, Staf Ahli Gubernur Kalsel H Fathurrahman menyampaikan selamat kepada para pengurus wilayah KBB Kalteng yang dilantik malam itu.

“Semoga saudara sekalian dapat menjalankan fungsi dan tugas organisasi dengan lancar, terutama untuk mempersatukan Bubuhan Banjar di perantauan dalam berkontribusi membangun daerah, bangsa, dan negara,” harap Fathurrahman.

Adapaun Ketua Umum PW-KBB Kalteng H Chairuddin Halim mengatakan, seluruh jajaran kepengurusan yang dipimpinnya 5 tahun ke depan siap menjalankan organisasi, khusunya melaksanakan program kerja yang telah disusun bersama dengan semangat kayuh baimbai yang dilandasi falsafah Rumah Betang. “Karena itu ulun meminta ridha saudara sekalian dalam memimpin KBB agar mampu menyatukan masyarakat Banjar untuk turut berpartisipasi dalam membangun Bumi Tambun Bungai dan ‘Bumi Berkah’ Kalimantan Tengah,” ujarnya. (SAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *