MASYARAKAT KATINGAN WASPADAI KARHUTLA

oleh -11 views
MASYARAKAT KATINGAN WASPADAI KARHUTLA 1

Kasongan, 31/8/2020 (Dayak News). Masyarakat Kabupaten Katingan diingatkan kembali lakukan kepedulian secara dini mencegah jangan sampai terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Terlebih kini sudah memasukkan musim panas dan beberapa hari tidak turun hujan.

Terutama bagi warga masyarakat di wilayah kecamatan Katingan Kuala, secara kerawanan karhutla masuk tingkat yang ekstrim.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Kabupaten Katingan, Hap Baperdo saat dikonfirmasi, Senin (31/8/2020) mengakui, diantara 13 wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Katingan, saat ini tingkat kerawanan karhutla di Kecamatan Katingan Kuala termasuk ekstrim.

Hap Baperdo mengatakan, tingkat kerawanan karhutla ekstrim ini ditandai dengan warna merah pada peta wilayah di Kabupaten Katingan. “Ekstrim artinya lahan kering, sangat mudah terbakar dan api sulit dikendalikan.Dari 13 wilayah kecamatan di Katingan, wilayah Kecamatan Katingan Kuala termasuk ekstrim Karhutla,” katanya.

Sementara lima wilayah kecamatan lainnya tingkat kerawanan karhutla dinyatakan tinggi. Artinya, lahan kering, mudah terbakar dan api relatif dapat dikendalikan.

Kemudian lima wilayah kecamatan lainnya tingkat kerawanan karhutla dinilai tergolong sedang, seperti kecamatan Pulau Malan, Katingan Tengah, Sanaman Mantikei, Marikit dan Kecamatan Petak Malai.

Hanya dua wilayah kecamatan yang tingkat kerawanan karhutla rendah, yakni Katingan Hulu dan Kecamatan Bukit Raya.

Pantauan, sejak beberapa hari terakhir sejumlah titik api di sejumlah wilayah kecamatan di Katingan terpantau. Namun, umumnya titik api yang terpantau hanya membakar lahan masih sekala kecil dan dapat diatasi baik oleh masyarakat peduli api atau pihak tim gabungan maupun bantuan dari provinsi yang mengerahkan helikopter. (Pr/PND/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *