BUPATI PULPIS INGATKAN WARGA WASPADAI KARHUTLA

oleh -
oleh
BUPATI PULPIS INGATKAN WARGA WASPADAI KARHUTLA 1

Pulang Pisau, 16/8/2020 (Dayak News). Bupati Pulang Pisau (Pulpis) Edy Pratowo mengingatkan kepada seluruh warga, kini telah memasuki musim panas atau kemarau,maka perlu diwaspadai kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Dikatakan, di Pulpis lahan mudah terbakar.Apalagi kawasan ini memiliki hamparan lahan gambut sangat luas dan dalam, jika terlanjur terbakar akan sulit dipadamkan.

“Karhutla jangan sampai menjadi masalah lagi untuk daerah Pulpis. Pulpis memiliki 59 persen lahan gambut, ancaman karhutla sangat tinggi. Jika terlanjur terbakar, sulit melakukan pemadaman.Maka upaya pencegahan dengan melibatkan semua pihak, cara yang wajib dilakukan,” ujar Edy Pratowo.

Sebab itu, Bupati mengajak semua pihak yang ada di Kabupaten Pulpis untuk bersama-sama mengantisipasi agar karhutla di Kabupaten Pulpis bisa dicegah.

Dikatakan, kejadian kebakaran hutan yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya sudah cukup. Tahun ini dan tahun-tahun selanjutnya kita berusaha sekuat mungkin agar bisa dihindari.

“Kita sendiri sudah tahu dan sudah mengalami bahaya asap yang mengakibatkan gangguan kesehatan,” katanya.

Menurut Edy Pratowo, dengan adanya dukungan dan perhatian semua pihak pencegahan dapat dilakukan dengan maksimal.

Kita juga sudah melakukan langkah-langkah yang terbaik. Misalnya desa-desa yang rawan kebakaran dengan adanya pengelolaan dana desa dan alokasi dana desa.

“Selain itu juga kita melakukan upaya melalui kebijakan pemerintah pusat, pemerintah daerah, peraturan Bupati, tentang pemanfaatan anggaran untuk mengatasi Karhutla,” ucapnya.

Jika semuanya dapat disinergikan, dan mendapatkan dukungan yang kuat dari seluruh masyarakat, masalah kebakaran hutan dan lahan dapat dicegah dan ditangani dengan baik, katanya. (Pr/Bobbe/BBU).

BACA JUGA :  TINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT, POLSEK KAHAYAN KUALA GELAR OPERASI YUSTISI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.