MENGELOLA BUMDES HARUS MELIHAT POTENSI DESANYA

oleh -
oleh
MENGELOLA BUMDES HARUS MELIHAT POTENSI DESANYA 1
Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (DSPMD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) melakukan kegiatan studi banding ke Desa Tegal Harum, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar, Provinsi Bali.

Bali (Dayak News) – Kepala Pengawas Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Puspa Harum Sejahtera, Desa Tegal Harum, Kecamatan Denpasar Barat, Provinsi Bali Ir. I Gde Suarja mengatakan pengelolaan BUMDes harus dilihat dari potensi yang ada di desanya. Pengelolaan BUMDes harus benar benar dilihat potensi apa yang ada didesa tersebut agar BUMDes berjalan dengan benar usahanya sesuai potensi desanya.

“Untuk mengelola BUMDes harus benar benar melihat potensi apa yang ada didesanya masing masing agar BUMDes berjalan dengan baik dan benar, “kata I Gde Suarja, Selasa (22/11/2022).

Masih dikatakan I Gde Suarja dengan adanya studi banding pemerintah kabupaten Barito Selatan melalui DSPMD Barsel kepada Desa Tegal Harum ini bisa bersama sama belajar memberikan motivasi untuk memajukan dan mengelola BUMDes dengan baik dan benar. Kalau saja suatu desa tidak ada potensinya jangan paksakan untuk mengelola BUMDes, karena kalau dipaksakan akan tidak berjalan dengan baik dan benar.

“Desa harus melihat potensinya , kalau suatu desa tidak ada potensinya jangan dipaksakan untuk BUMDes yang ada akan tidak berjalan dengan baik dan benar, “Ucap Kepala Pengawas BUMDes Puspa Harum Sejahtera, Desa Tegal Harum.

Ditambahkan untuk Sumber Daya Manusia (SDM) BUMDes ini harus mengerti tata kelola keuangan, karena kalau mengelola BUMDes ini tidak main asal tunjuk atau main titip, harus dilihat kapasitasnya atau harus memiliki skill dalam hal mengelola keuangan karena itu roh nya dari usaha, kalau tidak mengerti bagaimana menjalankan suatu usaha.

“BUMDes harus didorong bekerjasama dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) apakah BUMDes memfalitasi dengan modalnya, agar berjalan dengan baik dan benar. BUMDes tidak boleh berjalan dengan sendiri, “pungkasnya.(Ren)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.