HASIL BINAN PADI VARIETAS INPARI 30, CAPAI 7,5 TON/HEKTAR

oleh -
oleh
HASIL BINAN PADI VARIETAS INPARI 30, CAPAI 7,5 TON/HEKTAR 1

Tamiang Layang (Dayak News) – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur merilis bahwa hasil panen padi unggul varietas inpari 30 sangat tinggi dan sangat menjanjikan bagi para petani dimana dalam satu hektar bisa menghasilkan padi sebanyak 7,576 ton.

“Keberhasilan panen padi unggul varietas inpari 30 ini dapat terlihat dilahan yang ditanam kelompok tani Dayung Batarus , Desa Tumpung Ulung dibawah Balai Penyuluh Pertanian, Kecamatan Pematang Karau telah siap panen,” kata Koordinator Balai Penyuluh Pertanian(BPP) Kecamatan Pematang Karau, Yudi Irianto di Desa Tampung Ulung, Minggu (17/4/2022)

Ia mengatakan meskipun hasilnya telah terlihat namun pihaknya terus mengupayakan bagaimana agar hasil panen padi petani terus meningkat. Dimana salah satu dilakukan secara intensif menyampaikan kepada petani setempat untuk menanam benih varietas unggul, katanya.

Ditambahkan dia, untuk petani diwilayah Kecamatan Pematang Karau, baru mencapai 40 persen yang menanam padi benih unggul dan 60 persen masih mengandalkan benih lokal. Hal itu disebabkan berbagai alasan sebutnya salah satunya para petani menanam padi hanya untuk konsumsi dan belum dikomersilkan, “Jadi masih banyak petani yang menggunakan benih lokal, hasil panennya hanya untuk konsumsi keluarga sendiri,” imbuhnya

Dikatakan dia, diwilayah kecamatan pematang karau para petani menanam padi ada dua musim tanam. Pada musim tanam Oktober-Maret petani biasanya lebih banyak menanam benih padi varietas lokal dan musim April -September banyak petani menanam benih padi varietas unggul, ada musim tanam April-September, para petani biasanya menanam padi unggul, yang umur cepat panen, ucapnya

Pada kesempatan itu, Yudi berharap kedepannya, para petani bisa terus meningkatkan hasil panen dengan cara menanam benih padi varietas unggul diwilayah Pematamg Karau. Untuk itu sebut Yudi pihaknya tak henti-henti menyampaikan kepada para petani termasuk analisa usaha tani yang sangat menguntungkan, harapan saya, kedepan para petani terus bertambah minatnya untuk menanam benih padi unggul. Sebab dari analisa usaha tani sangat menguntungkan,pungkasnya. (ani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.