MANFAATKAN MUSIM PENGHUJAN DENGAN MENANAM BERBAGAI JENIS POHON

oleh -
oleh
MANFAATKAN MUSIM PENGHUJAN DENGAN MENANAM BERBAGAI JENIS POHON 1
Wakil Ketua II Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Arthur Apriossi Tuwan.

Palangka Raya (Dayak News) – Wakil Ketua II Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Arthur Apriossi Tuwan memberikan saran kepada para petani agar dapat memanfaatkan musim penghujan dengan menanam berbagai jenis pohon yang dapat bertumbuh efektif di musim penghujan ini. Arthur juga mengatakan bahwasanya dalam pemilihan lahan untuk penanaman harus terlabih dahulu di riset oleh para petani dan tidak asal tanam.

“Lahan yang terkena basahan hujan dapat dimanfaatkan untuk menanam berbagai jenis pohon. Namun sebelum menanam pilihlah lokasi yang tepat terlebih dahulu, pastikan tidak asal tanam,” kata Arthur, Kamis, (15/9).

Arthur mengatakan bahwa diantara pohon produktif tersebut adalah pohon buah dan pohon kayu keras. Dia mengatakan bahwa penting untuk mempelajari mengenai kelebihan dan kelemahan spesies pohon yang akan ditanam di musim penghujan ini agar nantinya Pohon Tersebut dapat berkembang dengan baik

“Beberapa jenis pohon yang memiliki sifat produktif di antaranya pohon buah dan pohon kayu keras. Lakukan dengan cara spesies pohon multiguna agar tanaman dapat tumbuh berkembang dengan baik,” tuturnya.

Selain itu ucapnya, bahwa keberadaan tanaman ini penting agar mencegah terjadinya longsor, jadi selaij agar petani bisa mendapatkan keuntungan dengan menanam pohon produktif, hal ini juga dapat membantu keberlangsungan alam dan mencegah berbagai bencana seperti banjir dan lain sebagainya.

“Jika musim penghujan tiba dengan kondisi tanah tanpa penahan, maka besar resiko akan terjadinya longsor dan banjir pada kawasan tersebut. Maka dari itu pentingnya keberadaan tanaman guna meminimalisir terjadinya banjir,” pungkasnya. (San)

BACA JUGA :  DEWAN IMBAU MASYARAKAT TERHADAP BAHAYA DBD DI MUSIM HUJAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.