Pj Bupati Bartim Indra Gunawan Minta Jangan Kucilkan ODGJ

oleh -
oleh
Pj Bupati Bartim Indra Gunawan Minta Jangan Kucilkan ODGJ 1
Pj Bupati Bartim Indra Gunawan

Tamiang Layang (Dayak News) – Penjabat Bupati Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah Indra Gunawan mengatakan Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) tidak boleh dikucilkan.

“Karena ODGJ juga manusia yang layak dihormati dan didukung. Ucapan dan tindakan yang mengucilkan dapat meningkatkan stigmatisasi dan memperburuk kondisi mereka secara emosional dan sosial,” kata Pj Bupati Indra Gunawan dalam sambutannya saat membuka acara Pertemuan Pemberdayaan Keluarga Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang diselenggarakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (DPMDSos) di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Timur, Kamis (30/05/2024).

Dukungan dan pengertian dari masyarakat dapat membantu mereka mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan dan menjalani kehidupan yang lebih bermakna, katanya.

Ditambahkan dia, semestinya semua masyarakat merangkul ODGJ sebagai masyarakat. “Bantu Dia tolong jangan kucilkan, bawa ke Rumah Sakit Jiwa. Sekarang BPJS Masyarakat Kabupaten Barito Timur sudah ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Barito Timur,” imbuhnya

Melalui kesempatan itu, Pj.Bupati Bartim mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Timur mendukung penuh kegiatan yang diselenggarakaan oleh DPMDSos ini, apa lagi kegiatan tersebut bersentuhan langsung dengan masyarakat desa.

Acara pertemuan PPKS ini diikuti oleh orang perwakilan dari Dinas Kesehatan, RSUD Tamiang Layang, BPJS, Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat Kecamatan se Kabupaten Barito Timur, Pendamping PKH, TKSK, Tagana, PKS, perwakilan karang taruna kabupaten, kecamatan dan desa.Narasumber pertemuan ini adalah Dokter Spesialis Kejiwaan Rumah Sakit Kalawa Atei, Psikolog Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei.(Ani).

BACA JUGA :  GAGAL TRANSAKSI, KURIR KUPON PUTIH DIBEKUK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.