Sekretaris Desa Telang Baru Ungkap Keprihatinan Terkait Pencemaran Lingkungan di Sungai Napu

oleh -
oleh
Sekretaris Desa Telang Baru Ungkap Keprihatinan Terkait Pencemaran Lingkungan di Sungai Napu 1
Tongkang angkutan batu bara yang patah di lokasi Pelabuhan PT Bangun Nusantara Jaya Makmur (BNJMP), sehingga mencemari Sungai Napu, Desa Telang Baru, Kecamatan Paju Epat, Kabupaten Barito Timur.(foto/ist)

Tamiang Layang (Dayak News) – Siswanto, Sekretaris Desa Telang Baru, mengungkapkan keprihatinannya terhadap insiden pencemaran lingkungan yang baru-baru ini terjadi di Sungai Napu, Desa Telang Baru, Kecamatan Paju Epat.

Pencemaran ini terjadi akibat patahnya tongkang yang tengah melakukan proses loading batu bara di Pelabuhan Batu Bara yang dimiliki oleh PT Bangun Nusantara Jaya Makmur Perkasa (BNJMP). Kejadian tersebut mengakibatkan tumpahnya muatan batubara ke sungai, mengancam ekosistem dan makhluk hidup yang ada di sekitar Sungai Napu.

Siswanto menyampaikan harapannya bahwa perusahaan, seperti PT BNJMP, akan mengambil langkah-langkah konkret untuk mencegah terjadinya insiden serupa di masa depan.

“Kita berharap agar perusahaan dapat berkomitmen untuk menjaga lingkungan agar kejadian pencemaran lingkungan tidak akan terulang lagi, sehingga masyarakat dapat merasakan kenyamanan,” ujarnya saat dihubungi melalui telepon seluler pada Kamis, 14 September.

Selain itu, pihak Desa Telang Baru juga meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Barito Timur untuk meningkatkan pengawasan terhadap PT BNJMP guna memastikan pengelolaan lingkungan yang lebih baik.

Insiden pencemaran lingkungan ini telah menyoroti pentingnya kesadaran bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mendukung tindakan pencegahan agar lingkungan tetap aman dan sehat bagi semua. Para pihak berwenang dan masyarakat setempat berharap bahwa langkah-langkah yang diambil akan membawa perubahan positif dalam perlindungan lingkungan di wilayah tersebut. (ist)

Simak berita dan artikel lainnya diĀ Google News

BACA JUGA :  BUPATI BARITO TIMUR PAPARKAN KESIAPAN MENJADI PENYANGGA IKN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.