PELAYANAN KELILING ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DISDUKCAPIL BARITO UTARA MENDAPATKAN APRESIASI

oleh -
oleh
PELAYANAN KELILING ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DISDUKCAPIL BARITO UTARA MENDAPATKAN APRESIASI 1
Mustafa Joyo Muchtar

Muara Teweh (Dayak News) – Dalam upaya memaksimalkan pelayanan pendataan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Utara (Disdukcapil Barut) melaksanakan pelayanan keliling dokumen administrasi kependudukan di wilayah Kecamatan Teweh Timur, beberapa waktu lalu. Pada kesempatan ini, salah satu anggota DPRD setempat, Mustafa Joyo Muhtarjuga, memberikan apresiasi.

Anggota Komisi I DPRD Barut tersebut menyampaikan penghargaan atas pelayanan dari dinas terkait yang melaksanakan pendekatan langsung guna memaksimalkan pencatatan penduduk di wilayah Kabupaten Barito Utara. Upaya ini merupakan bagian dari program dinas tersebut.

“Saya memberikan apresiasi atas pelaksanaan pelayanan mobiler atau keliling yang dilakukan oleh Disdukcapil,” ungkapnya pada Jumat, 10 Juni 2023, sore.

Ketua Askab PSSI Barut ini juga menekankan bahwa selain mempermudah warga yang sulit mengakses langsung kantor untuk urusan administrasi, pelayanan keliling ini juga membantu masyarakat di daerah terpencil yang sulit dijangkau. “Kami berharap bahwa pelayanan ini sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Pusat, terutama Pemerintah Kabupaten Barito Utara.”

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa masih ada penduduk yang belum terdaftar di Disdukcapil. Dengan adanya pelayanan keliling ini, diharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat memberikan data diri yang akurat. Selain mempermudah pencatatan, ini juga menegaskan status mereka sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang sah, serta memastikan kejelasan identitas pribadi dan keluarga.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Barito Utara, Drs. Hendro Nakalelo, mengungkapkan bahwa pada awal Juni, pihaknya turun langsung ke lapangan untuk melaksanakan pelayanan keliling dokumen administrasi kependudukan di Kecamatan Teweh Timur. Pelaksanaan pelayanan ini melibatkan Kepala Bidang Pencatatan Sipil, Kepala Bidang Daftar Penduduk, dan staf.

Hendro menjelaskan bahwa pelayanan tersebut mencakup beberapa dokumen kependudukan, seperti Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran (AK), Akta Kematian (AK), Akta Perkawinan (AP), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP Elektronik), dan Kartu Identitas Anak. (ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.