MIMIE MARIATIE DIKUKUHKAN SEBAGAI BUNDA LITERASI KABUPATEN GUMAS

oleh -
oleh
MIMIE MARIATIE DIKUKUHKAN SEBAGAI BUNDA LITERASI KABUPATEN GUMAS 1

Kuala Kurun (Dayak News) – Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong resmi menjadi Bunda Literasi Kabupaten Gunung Mas periode 2022-2024 yang dikukuhkan oleh Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya Samaya Monong di Aula Bappedalitbang, Jumat (24/6/2022).

Dalam sambutan Bupati Jaya Samaya Monong mengatakan, bahwa untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagaimana diamanatkan Undang–undang dasar negara Republik Indonesia Tahun 1945, perlu adanya upaya kolektif melalui pembudayaan kegemaran membaca, untuk mendukung kegemaran membaca maka perlu partisipasi aktif masyarakat melalui pegiat literasi sehingga tercipta masyarakat berpengetahuan, inovatif, kreatif dan produktif.

Selain itu Bupati juga memberi apresiasi pegiat literasi adalah seseorang yang memiliki kemampuan literasi yang dipilih sebagai panutan, motivator, inspirator, katalisator, dan influencer dalam upaya mempromosikan gemar membaca. “literasi yaitu kemampuan dan kedalaman pengetahuan seseorang terhadap suatu subjek ilmu pengetahuan dan gemar membaca adalah sikap, kebiasaan, dan tindakan atau perbuatan untuk membaca secara berkelanjutan,” kata jaya.

Orang nomor satu di Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau mengharapkan, kita bersama dengan ditunjuknya bunda literasi Kabupaten Gunung Mas yang mempunyai tugas yang mengkampanyekan gerakan Nasional gemar membaca di berbagai kalangan melalui berbagai media yang ada di Kab. Gunung Mas, sebagai figure/role model pembudayaan kegemaran membaca di Kabupaten Gunung Mas, berperan aktif menyukseskan program daerah dalam menumbuhkembangkan kegemaran membaca masyarakat melalui kegiatan pembudayaan membaca masyarakat di Gumas.

MIMIE MARIATIE DIKUKUHKAN SEBAGAI BUNDA LITERASI KABUPATEN GUMAS 2

Selanjutnya mendorong tim Penggerak PKK dan Dharma Wanita di tingkat Kabupaten Gunung Mas untuk secara aktif melakukan sosialisasi pembudayaan kegemaran membaca di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

Menjadi model dalam media promosi baik berbentuk billboard, poster dan stiker “pembudayaan kegemaran membaca” sebagai pembicara atau narasumber dalam berbagai kegiatan pertemuan/promosi, baik dalam bentuk seminar, diskusi, lokakarya yang berkaitan dengan peningkatan kegemaran budaya membaca masyarakat, memberikan masukan, dorongan dan pertimbangan dalam program/kegiatan pembudayaan kegemaran membaca, baik terhadap orang tua, satuan pendidikan dan masyarakat untuk berpartisipasi pembudayaan masyarakat literasi.

BACA JUGA :  MUSDA PGLII GUMAS, BUPATI : PERAN TOKOH AGAMA PENTING MENSOSIALISASIKAN BAHWA VAKSIN COVID-19 AMAN

“Saya berharap dengan adanya Bunda Literasi, ini guna bisa memberikan arahan, motivasi, serta mendorong bagi peningkatan minat, kegemaran dan budaya baca, sehingga terwujud figure literasi yang berperan sebagai garda terdepan untuk menghidupkan budaya literasi, baik dilingkungan keluarga, pendidikan maupun masyarakat, sehingga tercipta generasi yang cerdas, kreatif dan inovatif untuk menuju gunung mas smart sdm dan terwujudnya visi dan misi kabupaten gunung mas yaitu meningkatkan kualitas pembangunan human resources (sumber daya manusia),” harapnya.

Hal senada disampaikan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Gunung Mas Richard mengatakan, Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan pasal 51 tentang pembudayaan kegemaran membaca dilakukan melalui gerakan nasional gemar membaca yang dilaksanakan oleh pemerintah dan pemerintah daerah dengan melibatkan masyarakat.

Surat perpustakaan nasional republik Indonesia Nomor 2992/4/PPM.05/VI/2022 tentang pengangkatan dan pengukuhan bunda literasi/bunda baca Kabupaten/Kota;
surat Keputusan Bupati Gunung Mas Nomor 249 Tahun 2022 tentang penunjukan Bunda Literasi Kabupaten Gunung Mas.

Perlu juga saya sampaikan bahwa yang melatarbelakangi pengukuhan bunda literasi kabupaten gunung mas untuk mendukung visi presiden republik indonesia dalam mewujudkan sumber daya manusia unggul untuk indonesia maju.

Mewujudkan Misi Bupati dan Wakil Bupati Gunung Mas meningkatkan kualitas pembangunan sumber daya manusia, langkah strategis perpustakaan nasional dalam membina gerakan nasional masyarakat gemar membaca adalah dengan mengangkat Bunda Literasi Kabupaten sebagai katalisator, motivator, inspirator dan role model bagi masyarakat.

Sementara itu, Bunda Literasi Gumas Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong menyambut positif terlaksananya Pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten Gunung Mas ini, sebagai sebuah langkah awal yang baik, bagi terbangunnya sinergi seluruh elemen, dalam rangka menumbuh kembangkan semangat literasi masyarakat.

BACA JUGA :  SATLANTAS POLRES GUMAS GENCAR SOSIALISASI PROKES KE PENGENDARA

“Saya berharap kedepan akan tercipta sinergi yang senantiasa berkelanjutan, antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas dengan Tim Penggerak PKK baik di tingkat Kabupaten hingga ke Kecamatan dan desa,” katanya.

Bunda literasi juga menjelaskan bahwa melalui kesempatan yang baik ini pula, saya mengajak rekan-rekan Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Desa, untuk turut berpartisipasi aktif dalam meningkatkan minat baca anak sekolah, juga minat berliterasi ke masyarakat luas.

“Saya menghimbau kepada bunda PAUD Kecamatan, untuk mampu secara aktif menggiatkan gerakan sadar literasi ini, sekaligus merumuskan program dan kegiatan yang efektif untuk meningkatkan minat literasi anak. Saya menyatakan komitmen saya, bersama-sama dengan Tim Penggerak PKK baik di tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa untuk berperan aktif dalam meningkatkan literasi masyarakat. Saya mohon dukungan baik dari pemerintah, segenap perpustakaan di seluruh Kabupaten Gunung Mas, Bunda PAUD, hingga kader-kader PKK yang tersebar di wilayah Kabupaten Gunung Mas,” imbuhnya.

“Saya sampaikan, semoga Perpustakaan Daerah Kabupaten Gunung Mas mampu senantiasa mendorong kemajuan daerah melalui literasi bermuatan lokal, yang akan mampu menambahkan ilmu, wawasan kepada masyarakat kita tercinta ini,” ungkapnya,

“Mari kita bersama-sama memajukan Kabupaten Gunung Mas melalui masyarakat yang mengedepankan budaya literasi, budaya dan sejahtera guna mencerdaskan bangsa, Negara terkhusus Kabupaten Gunung Mas sukses, Jaya dalam berkarya nyata,” pungkasnya. (AI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.