PENATAAN RUANG MEMBERIKAN PEMAHAMAN YANG BAIK KEPADA MASYARAKAT

oleh -3 views
PENATAAN RUANG MEMBERIKAN PEMAHAMAN YANG BAIK KEPADA MASYARAKAT 1
Kegiatan Sosialisasi Kebijakan dan Peraturan Perundang-Undangan Bidang Penataan Ruang, Rabu (23/6/2021).

Kuala Kurun (Dayak News) – Pada tanggal 23 Juni 2021 bertempat di Aula Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Dinas Pekerjaan Umum menggelar Kegiatan Sosialisasi Kebijakan dan Peraturan Perundang-Undangan Bidang Penataan Ruang, Rabu (23/6/2021).

Tujuan diselenggarakannya Sosialisasi ini adalah sebagai wujud untuk memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat tentang Rencana Detail Tata Ruang Kota Kuala yang telah ditetapkan oleh Pemerintah daerah Kabupaten Gunung Mas. Memberikan pengetahuan kepada masyarakat dan pelaku usaha di kota Kuala Kurun, agar pemilihan lokasi kawasan yang akan dimanfaatkan sesuai dengan Rencana Detail Tata Ruang yang telah ditetapkan.

Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Gunung Mas Untung mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Gunung Mas telah menetapkan Peraturan Daerah Kabupaten Gunung Mas Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Rencana Detail Tata Ruang Bagian Wilayah Perencanaan Kawasan Perkotaan Kuala Kurun Tahun 2020-2040 Dan Penetapan Delineasi RDTR Kota Kuala Kurun Oleh Bupati Gunung Mas Nomor 600/43/DPU-TR/VIII/2019 dengan luas wilayah 8265,43 Ha.

“Berdasarkan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang : Pasal 11 dalam pelaksanaan wewenang pemerintah kabupaten/kota menyebarluaskan informasi yang berkaitan dengan rencana umum dan rencana rinci tata ruang dalam rangka pelaksanaan penataan ruang wilayah kabupaten/kota; dan Pasal 60 bahwa setiap orang berhak untuk mengetahui rencana tata ruang,” ujarnya.

PENATAAN RUANG MEMBERIKAN PEMAHAMAN YANG BAIK KEPADA MASYARAKAT 2

Lebih lanjut disampaikan Asisten III bahwa pasal 61 bahwa dalam pemanfaatan ruang setiap orang wajib menaati rencana tata ruang yang telah ditetapkan. Sehubungan dengan ketentuan peraturan perundangan tersebut, Sehubungan dengan ketentuan peraturan perundangan tersebut, umum menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Kebijakan dan Peraturan Perundang-Undangan Bidang Penataan Ruang.

“Saya berharap agar masyarakat mengetahui dan menaati rencana detail tata ruang dan rencana tata ruang yang telah ditetapkan,” terang Untung.

Menurutnya ini memberikan pengetahuan kepada masyarakat/pelaku khususnya di kota Kuala Kurun, usaha agar pemilihan lokasi kawasan yang akan dimanfaatkan sesuai dengan Peraturan Daerah yang telah ditetapkan. Menginformasikan pengoperasian aplikasi Gistaru, dan Memberikan Gambaran Umum pelayanan perizinan dan non perizinan.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Ibu yang telah hadir, rekan rekan Tim Penyelenggara Kegiatan dan seluruh pihak yang telah memberi tenaga maupun masukan untuk kesuksesan kegiatan sosialisasi Kebijakan dan Peraturan Perundang-Undangan Bidang Penataan Ruang TA 2021,” tandasnya. (PR/AI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.