Pleno PPK Selat Berjalan Lancar dan Akuntabel, Meski Terdapat Protes dari Saksi Partai

oleh -
oleh
Pleno PPK Selat Berjalan Lancar dan Akuntabel, Meski Terdapat Protes dari Saksi Partai 1

Kuala Kapuas (Dayak News) – Pelaksanaan rapat pleno PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Selat atau Dapil I pada rentang tanggal 17 hingga 26 Februari 2024 dikonfirmasi berjalan dengan lancar dan akuntabel. Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua PPK Selat, Muhammad Imron, dalam kesempatan di kantor Kecamatan Selat pada hari Selasa, 26 Februari 2024.

“Proses atau perjalanan pleno PPK berjalan dengan lancar dan akuntabel,” ungkap Muhammad Imron. Penggunaan kata “akuntabel” di sini merujuk pada transparansi dan pertanggungjawaban dalam pengelolaan proses tersebut.

Imron menjelaskan bahwa meskipun ada beberapa protes dari saksi Partai, seperti yang terjadi di TPS 2 PPS Selat Dalam dan TPS 20 di PPS Selat Tengah, namun hal itu dapat diatasi. “Diakui, memang ada beberapa riak protes dari saksi Partai seperti TPS 2 PPS Selat Dalam dan TPS 20 pada PPS Selat Tengah,” jelas Imron.

Namun, Imron menegaskan bahwa permintaan dari saksi untuk membuka kotak suara tidak dapat dilakukan dengan mudah dan harus mengikuti prosedur yang berlaku. “Namun dapat disepakati dan kenapa permintaan saksi untuk membuka kotak suara, itu tidak mudah ada proses sesuai dengan aturan berlaku,” terang Imron.

Imron menegaskan bahwa pembukaan kotak suara hanya dapat dilakukan jika terdapat perbedaan perolehan suara antara saksi peserta pemilu 2024, jumlah suara di TPS (Tempat Pemungutan Suara)/CPlano, dan hasil salinan serta rekomendasi Pengawas Kecamatan. “Kecuali ada perbedaan perolehan suara masing-masing saksi peserta pemilu 2024, jumlah suara di TPS/CPlano dan Chasil salinan serta rekomendasi Pengawas Kecamatan maka itu bisa dilaksanakan,” tambahnya.

Imron menegaskan bahwa selama proses pelaksanaan pleno PPK, tidak ada indikasi adanya keinginan untuk melakukan tindakan yang tidak sesuai aturan. “Dipastikan apa yang telah dikerjakan hingga saat ini kita tidak ada sedikit indikasi keinginan macam-macam, artinya bekerja dengan apa adanya saja,” ujarnya.

BACA JUGA :  BEN BRAHIM : VAKSIN BOOSTER SANGAT PENTING MENGINGAT COVID-19 MASIH ADA

Imron juga menegaskan kesiapan untuk bertanggung jawab atas proses tersebut. “Kita bekerja apa adanya saja, untuk itu kita siap bertanggungjawab atau akuntabel,” tandas Imron.

Pelaksanaan pleno PPK Selat atau Dapil I yang berlangsung mulus dan akuntabel menjadi landasan kepercayaan masyarakat dalam proses demokrasi pemilihan umum di daerah tersebut. (Rob/Ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.