Masuk Pemukiman Warga, Tim Rescue Damkarmat Palangka Raya Evakuasi Biawak

oleh -
Masuk Pemukiman Warga, Tim Rescue Damkarmat Palangka Raya Evakuasi Biawak 1

Palangka Raya (Dayak News) – Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya kembali melakukan respon cepat dan sigap dalam menangani situasi darurat di wilayah pemukiman warga Kota Palangka Raya.

Kali ini, Mereka berhasil mengevakuasi seekor biawak yang masuk ke dalam kawasan perumahan di Jalan Mendawai VII Kelurahan Palangka kecamatan Jekan Raya untuk jauh dari pemukiman warga.

Menurut keterangan warga, biawak tersebut pertama kali terlihat oleh salah satu penduduk yang sedang membersihkan halaman rumahnya.

Sontak kehadiran reptil besar ini mengundang kepanikan di antara warga sekitar yang khawatir akan keselamatan mereka, terutama anak-anak yang sering bermain di area tersebut.

Begitu menerima laporan dari warga, tim DPKP langsung menuju lokasi dengan membawa peralatan lengkap.

Kepala Seksi Penggendali Operasi dan Komunikasi DPKP Kota Palangka Raya, Sucipto mengatakan, proses evakuasi tidak mudah mengingat ukuran dan gerakan lincah biawak tersebut.

Namun, berkat keterampilan dan pengalaman tim DPKP, biawak berhasil ditangkap tanpa ada insiden lebih lanjut.
“Kami selalu siap siaga menghadapi situasi seperti ini. Biawak yang kami evakuasi diperkirakan berukuran sekitar 1 meter. Setelah berhasil ditangkap, hewan tersebut kami amankan dan akan dilepaskan kembali ke habitat aslinya yang jauh dari pemukiman warga,” ujar Sucipto.

Evakuasi ini mendapat apresiasi dari warga setempat yang merasa lebih tenang setelah biawak berhasil diambil oleh tim DPKP.

Salah satu warga, Khairunnisah mengungkapkan rasa terima kasihnya atas respons cepat tim DPKP.

“Kami sangat bersyukur dengan tindakan cepat dari petugas. Semoga ke depannya tidak ada lagi hewan liar yang masuk ke lingkungan kami,” katanya. (AJn)

BACA JUGA :  Rutan Dinas IIA Kota Palangka Raya Menggelar Program Pembinaan Pendidikan bagi Warga Binaan

 

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.