POLRES SERUYAN MENGIKUTI VICON ZOOM MEETING PUSLITBANG POLRI DALAM UPAYA PEMBERANTASAN KEJAHATAN JALANAN DAN AKSI PREMANISME

oleh -
POLRES SERUYAN MENGIKUTI VICON ZOOM MEETING PUSLITBANG POLRI DALAM UPAYA PEMBERANTASAN KEJAHATAN JALANAN DAN AKSI PREMANISME 1

Kuala Pembuang (Dayak News) — Pada hari Rabu, tanggal 12 Juli 2023, Polres Seruyan menggelar Video Conference (Vicon) Zoom Meeting yang diadakan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Puslitbang Polri). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengarahan teknis mengenai pengisian dan penyebaran kuesioner penelitian terkait penguatan upaya pemberantasan kejahatan jalanan dan aksi premanisme.

Vicon tersebut dihadiri oleh pejabat utama Polres Seruyan, antara lain:

  1. Kabagren Polres Seruyan AKP Syaherlan.
  2. Kepala Unit IV (Kanit IV) IPDA Meldawati, S.H.I.
  3. Perwakilan anggota dari Bagian Operasional (Bag Ops), Satuan Samapta (Sat Samapta), Satuan Binmas (Sat Binmas), dan Satuan Intelkam (Sat Intelkam).

Dalam sesi Vicon tersebut, Kabidangasopsnal (Kabidgasopsnal) Puslitbang Polri, Kombes Pol. Drs. Aziz Saputra memberikan arahan yang mengemukakan poin-poin penting sebagai berikut:

a. Indikator Survei: Survei ini difokuskan pada tiga indikator utama, yaitu substansi hukum, struktur hukum, dan budaya dalam rangka tahap preemtif, preventif, dan penegakan hukum.

b. Metode Penelitian: Metode penelitian yang akan diterapkan adalah kombinasi pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif akan dilakukan melalui penyebaran angket kepada personel internal kepolisian. Sementara itu, pendekatan kualitatif akan melibatkan pemilihan informasi dari berbagai pihak terkait melalui Focus Group Discussion (FGD) dan wawancara mendalam. Pihak-pihak yang diwawancarai termasuk perwakilan kaum perempuan/organisasi kewanitaan, tenaga pendidik, kepala desa, RT/RW, Satpol PP, Dinas Sosial, pengusaha/wiraswasta, korban kejahatan jalanan dan aksi premanisme, penasihat hukum/pengacara, serta karyawan swalayan/minimarket.

c. Lokasi Penelitian: Penelitian ini akan dilaksanakan di 10 Polda dan 5 Polres yang telah ditentukan, termasuk Polda Kalteng. Rentang waktu penelitian akan berlangsung mulai tanggal 7 hingga 10 Agustus 2023.

BACA JUGA :  POLRI HADIR DI SEKOLAH LAKSANAKAN PELAYANAN PAM GATUR

d. Tim Penelitian: Tim penelitian akan terdiri dari anggota Puslitbang Polri, yang didampingi oleh konsultan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

e. Panduan Penyebaran Kuesioner: Proses penyebaran kuesioner akan menggunakan tautan survei, yang akan disebarkan kepada Polda dan Polres yang menjadi objek penelitian. Wakapolres menugaskan Kasat Intelkam, Kasat Binmas, Kasat Samapta, dan Kasat Reskrim untuk menunjuk Liaison Officer (LO) pada masing-masing fungsi satuan, agar dapat menyebarkan angket kepada responden.

f. Pengumpulan Hasil: Setelah mengisi kuesioner, responden diharapkan untuk mengambil tangkapan layar halaman terakhir kuesioner yang menampilkan ucapan terima kasih, kemudian mengirimkannya kepada LO.

g. Responden dan Lokasi: Responden yang diharapkan bersifat netral dan tidak memiliki kepentingan dengan Polri. Mereka akan dipilih secara representatif dari berbagai lokasi, dengan jumlah minimal 30 orang responden. Usaha akan dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh polsek di wilayah Polres Seruyan terwakili dalam penelitian ini.

Kapolres Seruyan Polda Kalteng AKBP Ampi Mesias Von Bulow, S.I.K., M.H, melalui Melalui Kabagren Polres Seruyan AKP Syaherlan ” Melalui Vicon Zoom Meeting ini, kita memiliki kesempatan untuk mendapatkan arahan teknis yang berharga dari Puslitbang Polri. Hal ini akan menjadi landasan yang kuat dalam menghadapi tantangan kejahatan jalanan dan aksi premanisme di wilayah hukum Polres Seruyan.”

Beliau menambahkan, “Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, baik kuantitatif maupun kualitatif, akan memberikan wawasan yang mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kejahatan jalanan dan aksi premanisme. Hal ini akan membantu kita dalam merancang strategi yang lebih efektif dalam memberantas kejahatan dan menciptakan rasa aman bagi masyarakat.”

Kegiatan Vicon tersebut berlangsung dengan lancar dan tertib, dan berakhir pada pukul 10.20 WIB. Diharapkan melalui partisipasi dalam Vicon Zoom Meeting ini, Polres Seruyan dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam penguatan upaya pemberantasan kejahatan jalanan dan aksi premanisme, serta meningkatkan tingkat keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polres Seruyan. (PR/Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.