SETELAH KATINGAN, KINI BANJIR TERJANG WILAYAH KABUPATEN PULANG PISAU

oleh -
oleh
SETELAH KATINGAN, KINI BANJIR TERJANG WILAYAH KABUPATEN PULANG PISAU 1

Palangka Raya (Dayak News) – Sebanyak lima desa dikecamatan Banama Tingang harus bersiap dan ekstra hati-hati. Pasalnya, Luapan dan luberan air sungai kahayan kini telah naik dan merendam desa dengan tinggi air sekitar 10 hingga 50 cm atau setinggi sepaha orang dewasa.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pulang Pisau, Salahudin mengatakan bahwa sudah ada 5 desa yang berada di kecamatan Banama Tingang yang terendam banjir akibat luapan sungai kahayan.

Adapun 5 desa tersebut ialah Desa Pahawan, Desa Hanua, Desa Tambak, Desa Hurung, dan desa Bawan yang mana banjir telah merendam rumah warga serta fasilitas umum lainnya seperti Gereja, Mesjid serta akses pasar dan sebagainya.

“Kita dari Bpbd kabupaten Pulang Pisau telah berkordinasi dengan pemerintah kecamatan terkait banjir ini, kami terus berkordinasi mulai dari status air hingga kemungkinan terdampak banjir yang terjadi, kita terus update melalui sambungan selular.” Kata Salahudin.

Menurut Salahudin, untuk desa Tambak sendiri akan menjadi prioritas BPBD dulu karena dari laporan intensitas air semakin naik, bahkan banyak warga yang sudah meminta bantuan baik bantuan yang bersifat cepat dan juga bantuan sembako sementara untuk 4 desa lainnya BPBD kabupaten pulang pisau akan terus berkordinasi terkait resiko kenaikan air luapan sungai kahayan.

Sekedar diketahui, beberapa daerah di Provinsi Kalimantan Tengah mengalami bencana banjir akibat meluapnya beberapa sungai besar, diantaranya sungai katingan, aliran sungai Samba serta Aliran sungai Kahayan yang dikarenakan intensitas curah Hujan lebat yang semakin meningkat padahal BMKG telah memprediksi untuk bulan Agustus Curah hujan tipis akibat telah masuknya musim kemarau. (AJn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.