BUPATI KOBAR SAMPAIKAN PIDATO PADA PENUTUPAN MASA SIDANG I TAHUN SIDANG 2021

oleh -12 views
BUPATI KOBAR SAMPAIKAN PIDATO PADA PENUTUPAN MASA SIDANG I TAHUN SIDANG 2021 1

Palangka Raya (Dayak News) Bupati Kobar yang diwakili oleh Wakil Bupati Kobar  Ahmadi Riansyah sampaikan Pidato pada Paripurna Ke-1 Masa Sidang II  Tahun Sidang 2021 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Rabu (28/4/2021).

Sidang tersebut dalam rangka Penutupan Masa Sidang I Tahun Sidang 2021 Sekaligus Pembukaan Masa Sidang II Tahun Sidang 2021 dan Pengantar Bupati Terhadap 3 (tiga) Rancangan Peraturan Daerah.

 “Alhamdulillah Pada Masa Sidang I Tahun Sidang 2021 DPRD Bersama Pemerintah Daerah Telah Bersama-Sama Menyelesaikan Pembahasan Terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Kotawaringin Barat (LKPJ) Tahun Anggaran 2020 Dan 8 (delapan) Buah Rancangan Peraturan Daerah, “kata Bupati dalam pidatonya yang dibacakan oleh Wakil Bupati  Ahmadi Riansyah.

Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Pada Masa Sidang I Tahun Sidang 2021 Terbagi Dalam 2 (dua) Tahap (periode) Yaitu;

Tahap 1 telah dibahas Rancangan Peraturan Daerah Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat Nomor 6 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat; serta yang kedua yaitu Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pembangunan Kepemudaan.

Pada Tahap 2 (dua) Telah Dibahas Dan Disetujui Bersama 6 (enam) Buah Ranperda Yang Terdiri Dari:

  1. Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat  Tentang  Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat Nomor 15 Tahun 2018 Tentang Pajak Sarang Burung Walet;

2. Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat  Tentang  Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat Nomor 23 Tahun 2018 Tentang Pajak Air Tanah;

3. Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat  Tentang  Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat Nomor 24 Tahun 2018 Tentang Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan;

4. Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat  Tentang  Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Retribusi Rumah Potong Hewan;

5. Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat  Tentang  Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Retribusi Penjualan Produksi Usaha Daerah;

6. Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat  Tentang  Perubahan Keempat Atas Peraturan Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat Nomor 13 Tahun 2012 Tentang Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah.

Bupati mengucapkan Terima Kasih Yang Setulus-Tulusnya Kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat Atas Kerjasama Yang Baik Khusunya Dalam Pembahasan LKPJ Bupati Tahun Anggaran 2020 Dan 8 (delapan) Rancangan Peraturan Daerah.

Adapun Peraturan Daerah Tahun 2021 Yang Telah Mendapatakan Hasil Fasilitasi Dan Evalusai Dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah Dan Telah Ditetapkan Yaitu:

  1. Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Kearsipan, Tanggal 29 Maret 2021;
  2. Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat Nomor 6 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat Tanggal 28 April 2021.

Mengenai Rancangan Peraturan Daerah Yang Telah Dikirim Ke Pemerintah Provinsi Atau Mendapatkan Hasil Fasilitasi Maupun Evaluasi Tetapi Belum Ditindaklanjuti Oleh SKPD Pemrakarsa (leading Sector), Saya Minta Untuk Menyelesaikan Rancangan Peraturan Daerah Dimaksud, Yaitu:

  1. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (bappeda) agar Menyelesaikan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat Nomor 10 Tahun 2006 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Tahun 2006-2025.
  2. Kepala Dinas Perhubungan Agar Menyelesaikan Rancangan Peraturan Daerahtentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor.

Selanjutnya Pada Rapat Paripurna Ini Juga Pemerintah Daerah Menyampaikan 3 (tiga) Buah Rancangan Peraturan Daerah  Kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat Untuk Dibahas Pada Masa Sidang Ii Tahun Sidang 2021 Dan  Adapun Rancangan Peraturan Daerah Yang Kami Sampaikan Terdiri Atas:

  1. Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik;
  2. Rancangan Peraturan Daerah Tentang Retribusi Penyediaan Dan/ Atau Penyedotan Kakus;
  3. Rancangan Peraturan Daerah Tentang Ruang Terbuka Hijau.

Kemudian Mengenai Maksud Dari Penyampaian 3 (tiga) Buah Rancangan Peraturan Daerah ini yaitu:

  1. Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik Diajukan: Guna Menjamin Hak Konstitusional Warga Negara Untuk Mendapatkan Lingkungan  Yang Baik Dan Sehat, Serta Untuk  Memperoleh  Derajat Kesehatan Yang Optimal. Untuk Pengendalian Pencemaran Dan/ Atau Kerusakan Lingkungan Akibat Aktivitas Pembuangan Air Limbah Domestik. Untuk Melaksanakan Sub Urusan Pemerintahan Konkuren Secara Sinergi, Berkelanjutan Dan Profesional Dalam Pengelolaan Dan Pengembangan Sistim  Air Limbah Domestik.

2. Rancangan Peraturan Daerah Tentang Retribusi Penyediaan Dan/ Atau Penyedotan Kakus Diajukan: Dalam Rangka Menggali Sumber PAD Dari Sektor Retribusi Berdasarkan Prinsip Demokrasi, Pemerataan Dan Keadilan, Peran Serta Masyarakat, Dan Akuntabilitas Dengan Memperhatikan Potensi Daerah . Dalam Rangka Pemberian Pelayanan Kepada Masyarakat Dibidang Sanitasi Dengan Pengoperasian Truck Pengangkut Tinja, Mobil Toilet Keliling Dan Iplt Milik Pemerintah Daerah.

Rancangan Peraturan Daerah Tentang Ruang Terbuka Hijau Diajukan: Untuk Mempertahankan Luas Ruang Terbuka Hijau Yang  Cenderung Berkurang Sebagai Akibat Alih Fungsi Lahan Menjadi Kawasan Perdagangan, Pemukiman, Industri, Jaringan Transportasi Serta Sarana Prasarana Fisik Lainnya; Untuk Mengendalikan Perubahan Kondisi Lingkungan Sebagai Akibat Terganggunya Keseimbangan Ekosistem Yang Ditandai Oleh Kenaikan Suhu Dan Polusi Udara, Penurunan Permukaan Tanah Dan Keanekaragaman Hayati, Serta Peningkatan Frekuensi Dan Intensitas Bahaya Banjir, Sehingga Peran Dan Fungsi Ruang Terbukan Hijau Lebih Efektif, Berkualitas Dan Bermanfaat Bagi Masyarakat;

“Pada Kesempatan Yang Baik Ini Saya Atas  Nama Pemerintah Daerah Tidak Bosan-Bosannya Untuk Mengingatkan Kembali Kepada Kita Semua Bahwa Sampai Saat Ini Kita Masih Dalam Masa Pandemi Covid 19, Oleh  Karena Itu Mari Kita Bersama-Sama Tetap Selalu  Menjaga Kesehatan Kita Dengan Tetap Selalu Mematuhi Protokol Kesehatan. Hal Ini Kita Lakuakn Dalam Rangka Upaya Pencegahan Dan Pengendalian Covid 19, Serta Untuk Menekan Penyebaran Covid 19 Di Daerah Kita Ini, “kata Bupati (AR/Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *