HADIRNYA PT KENCANA WILSA MEMBUKA LAPANGAN KERJA BAGI MASYARAKAT SEKITAR TAMBANG

oleh -767 views
HADIRNYA PT KENCANA WILSA MEMBUKA LAPANGAN KERJA BAGI MASYARAKAT SEKITAR TAMBANG 1

KUTAI BARAT, 11/10/2020 ( DAYAK NEWS ). Kehadiran perusahaan pertambangan PT Kencana Wilsa yang akan melakukan penambangan batu bara didalam wilayah Kampung Geleo Asa, Muara Asa, Kecamatan Barong Tongkok dan Kampung Muara Benangaq, Kecamatan Melak, memang menuai pro dan kontra.

Namun hadirnya PT Kencana Wilsa yang akan melakukan penambangan batu bara di Kabupaten Kutai Barat, juga memberikan manfaat bagi masyarakat yang lahan nya masuk didalam konsensi perusahaan tersebut.

Seperti hal yang disampaikan oleh salah seorang masyarakat Kampung Geleo Asa, yang saat ini berdomisili di Kampung Muara Asa, Masrin Juk kepada wartawan dayaknews.com (9/10/2020).

“Dulunya untuk menuju ke lahan saya yang tidak ada akses jalan darat yang baik, namun sejak Kehadiran PT Kencana Wilsa, ke lahan saya jadi mudah,” ucapnya.

“Dan saya bersyukur, karena lahan saya dibeli oleh perusahaan untuk akses jalannya menuju pelabuhan atau jetty di Kampung Muara Benangaq,” tambah Masrin Juk.

Masrin Juk menambahkan, memang kemarin lahannya didaerah rapak pegayan ada sedikit permasalahan, namun telah diselesaikan secara kekeluargaan.
“Berdasarkan saksi serta bukti yang ada dalam sidang di Lembaga Adat Besar Kabupaten Kubar, telah memutuskan, membenarkan dan mengesahkan dengan Surat Putusan Nomor: SP011/LABK-KB/23-IX/202, bahwa lahan tersebut miliknya, terang Masrin Juk .

Saat dikonfirmasi terpisah akan keberadaan perusahaan yang masuk didalam wilayah Kampung Geleo Asa dan Kampung Muara Benangaq. Kepala Kampung Geleo Asa Omosugianto membenarkan keberadaan PT Kencana Wilsa memang masuk didalam wilayahnya.

“Omosugianto bersyukur dan menilai positif atas kehadiran perusahaan didalam wilayah Kampung Geleo Asa. Sebab dengan adanya PT Kencana Wilsa ditempatnya, bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Kampung Geleo Asa dan Kampung sekitar,” ungkapnya.

Sementara itu terkait persoalan lahan masyarakat, Kepala Kampung Geleo Asa menyerahkan sepenuhnya kepada pemilik lahan itu sendiri, apakah mau dijual atau tidak kepada pihak perusahaan.
“Terkait lahan yang bermasalah, sudah diselesaikan secara kekeluargaan dan kalau yang memang hak, ya kita kembalikan hak – haknya,” tegas Omo.

Senada dengan Omosugianto, Kepala Kampung Benangaq Ismawi, mengatakan kalau warga nya dan pengurus Kampung yang ada, tidak ada yang menolak kehadiran PT Kencana Wilsa diwilayahnya.

“Kami sangat mengharapkan perusahaan ini bisa berjalan tanpa hambatan. Kehadiran PT Kencana Wilsa telah membuka lapangan kerja bagi masyarakat, ini guna mengurangi angka pengangguran, terkhusus di Kampung Benangaq,” beber Ismawi.

“Intinya kami dari pihak Kampung sangat mendukung akan kehadiran PT Kencana Wilsa dan kita mempunyai program kampung wisata. Kedepan kita bisa bekerjasama dalam pembangunan objek wisata di Kampung Benangaq melalui Comdev dan Corporate Social Responbility (CSR), pungkas Kepala Kampung Benangaq Ismawi (JHY/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *