BUPATI KATINGAN TITIP PESAN KEPADA PANITIA PILKADES

oleh -
oleh
BUPATI KATINGAN TITIP PESAN KEPADA PANITIA PILKADES 1
Rapat Kerja Kepala Desa dan BPD yang akan mengikuti pilkades serentak di tahun 2023.

Kasongan, (Dayak News) – Bupati Katingan Sakariyas berharap semua panitia Pemilihan Kepala Desa (pilkades) bisa memahami tugas dan fungsi pokok saat menjalankan tugas. Dikatakannya, pembekalan yang diberikan merupakan sebagai upaya agar pelaksanaan pilkades matang dan memberi hasil memuaskan. Hal itu dikemukakannya dalam Rapat Kerja Kepala Desa dan BPD yang akan mengikuti pilkades serentak di tahun 2023.

Bertempat di Aula Bappelitbang, kegiatan tersebut diikuti 37 orang kepala desa serta Anggota BPD. Turut hadir dalam kegiatan itu Dandim 1019 Katingan, Letkol Inf. Anggun Wuriyanto dan camat sekabupaten Katingan pada Senin (10/7 2023).

Dalam sambutannya Sakariyas mengatakan, semua pihak harus menjaga stabilitas keamanan di desa masing-masing. Untuk Kepala Desa dan BPD wajib bekerja sama dalam memfasilitasi pelaksanaan pilkades.
“Antara kepala desa dan BPD harus menjalin kerja sama yang baik guna memfasilitasi pilkades. Jangan bekerja Sendiri-sendiri. Jaga stabilitas keamanan dan ketertiban agar pelaksanaan demokrasi kondusif,” tegasnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Katingan inipun mengharapkan panitia pilkades memahami apa yang menjadi tugas pokok dan kewajibannya. Ia meminta panitia pilkades tingkat desa terus menjalin komunikasi dengan panitia tingkat kecamatan.
“Jika ada permasalahan, segera konsultasikan secara berjenjang,” pungkasnya.

Di tempat sama, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Andrei Nathanael menyatakan, kegiatan yang diadakan tersebut sebagai salah satu upaya menyamakan persepsi aparatur desa yang akan menghadapi pilkades. Adanya kesamaan persepsi, kata dia maka akan memberi jaminan kesuksesan pilkades.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk tahun 2023 ada 37 desa yang melaksanakan pilkades secara serentak. Kesamaan persepsi akan menjadi hal yang penting supaya tidak terjadi gesekan-gesekan ditengah masyarakat.
“Tahapan pilkades saat sudah berjalan, pemungutan suara direncanakan Bulan Oktober,” imbuhnya.

BACA JUGA :  MASUK KWARTAL KEDUA, SERAPAN APBD KATINGAN 6,85 PERSEN

Guna mempersiapkan diri menghadapi hal itu, pihaknya melaksanakan kegiatan bimbingan teknis untuk panita pilkades tingkat desa. Mendatangkan nara sumber dari KPU, Bagian Hukum Setda Katingan serta Kejaksaan Negeri, dirinya berharap panitia pilkades bisa mengerti apa yang menjadi tugas serta kewajiban selama tahapan pemilihan. (Dan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.