Festival FBMBA 2024 Ajang Seni Budaya Lokal Resmi di Gelar

oleh -
Festival FBMBA 2024 Ajang Seni Budaya Lokal Resmi di Gelar 3

Pangkalan Bun (Dayak News) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) menggelar Festival Budaya Marunting Batu Aji (FBMBA) di Lapangan Sampuraga Lama Pangkalan Bun.Dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Umum Syahruddin dan dihadiri oleh unsur Forkopimda serta berbagai lapisan masyarakat.

Kegiatan ini merupakan ajang promosi kebudayaan lokal/daerah baik kepada masyarakat luar, turis-turis asing maupun masyarakat Kobar itu sendiri.Selasa 23/4/2024

Pada acara tersebut juga turut dibuka beberapa stand UMKM yang ada di Kobar untuk menyemarakan suasana di lokasi kegiatan FBMBA dilaksanakan. FBMBA ini berlangsung selama 5 hari yaitu dari tanggal 23-27 April 2024.

Selain menjadi ajang promosi budaya daerah local di Kobar, FBMBA Festival ini menyelenggarakan berbagai lomba yang beberapa diantaranya adalah lomba Mangenta, Melamang,Masak Tradisional, Karungut, Lagu Daerah, Tari Pesisir dan lomba Tari Pedalaman.

Festival FBMBA 2024 Ajang Seni Budaya Lokal Resmi di Gelar 4

Disela-sela sambutannya  Syahruddin berharap FBMBA ini juga memicu pengembangan kebudayaan lokal di sekolah-sekolah yang ada di Pangkalan Bun. Bahkan yang juara 1 akan di kirim ke palangkaraya mengikuti event Budaya Isen Mulang dalam rangka memperingati HUT Kalteng.

“Misalkan ada acara perpisahan, pihak sekolah tidak hanya memunculkan penampilan-penampilan modern saja, bahkan harus lebih banyak lagi menampilkan kebudayaan lokal seperti tari-tarian, pantun seloka dan sebagainya. Sehingga generasi muda jaman sekarang dapat menghargai kebudayaan/ kearifan lokal tersebut dan turut melestarikannya agar tidak tergerus oleh pengaruh kesenian modern,” ujar Syahruddin.

“Harapannya juga kegiatan ini menjadi agenda tahunan, mengingat antusias masyarakat yang cukup tinggi. Sehingga kedepan FBMBA dapat terus ditingkatkan bahkan yang juara 1 akan diberangkatkan mengikut Festival Budaya Isen Mulang yang akan dilaksanakan di Palangkaraya,” pungkasnya.(GST)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.