Gunakan Mekanisme Existing, Bawaslu Kota Palangka Raya Buka Pendaftaran Panwascam Pilkada 2024

oleh -
Gunakan Mekanisme Existing, Bawaslu Kota Palangka Raya Buka Pendaftaran Panwascam Pilkada 2024 1

Palangka Raya (Dayak News) – Jelang Pemilihan Kepala Daerah Serentak yang akan di Laksanakan pada Bulan November 2024 Mendatang, Badan Pengawas Pemilu Kota Palangka Raya membuka pendaftaran menjadi Panitia Pengawas Kecamatan mekanisme Existing

Ketua Bawaslu Kota Palangka Raya, Endrawati mengungkapkan bahwa Pendaftaran untuk Panwascam Existing telah dibuka sejak tanggal 23 April 2024 kemarin hingga 27 April 2024 mendatang.

Dia menjelaskan, sesuai pedoman yang dikeluarkan oleh Bawaslu RI, mekanisme pembentukan Panwascam yang akan mengawasi pilkada, menggunakan mekanisme evaluasi kinerja atau existing dari anggota panwascam pada pemilu 2024 yang lalu.

“Untuk peserta existing atau panwascam pemilu 2024 akan mengikuti penilaian evaluasi kinerja dengan standar evaluasi dari Bawaslu RI untuk tahap Panwascam Pilkada tahun 2024 ini,” Jelas Endrawati.

Selanjutnya, akan dilakukan pemetaan atas keterpenuhan panwascam berdasarkan hasil pencapaian evaluasi kinerja terhadap panwascam existing pada Pemilu 2024 yang lalu.

Endrawati juga melanjutkan, jika nantinya panwascam existing kurang dari tiga orang dan tidak memenuhi batas minimal evaluasi kinerja, maka pihaknya akan melakukan proses rekrutmen bagi pendaftar baru. Peserta panwascam existing tetap akan diminta melengkapi persyaratan administrasinya terlebih dahulu, yakni surat pernyataan kesediaan mengikuti seleksi, surat keterangan sehat jasmani dari rumah sakit atau puskesmas dengan mencantumkan hasil pemeriksaan tensi darah, kadar gula darah dan kolestrol.

“Kemudian Panwascam Existing juga diwajibkan untuk melampirkan surat keterangan sehat rohani dan bebas napza, serta beberapa surat pernyataan yang ditempel menggunakan Materai,” ucapnya.

Dia menjelaskan, panwascam yang memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai panwascam pilkada 2024 akan diumumkan kepada masyarakat, sehingga ada masukan dan tanggapan terhadap panwascam existing yang memenuhi syarat.

BACA JUGA :  BIKIN ONAR DIKOMPLEK PERUMAHAN, SEORANG PENDEKAR MABUK DIAMANKAN POLISI

“Yang pasti kami akan melakukan proses seleksi yang ketat untuk mendapatkan anggota panwascam yang terbaik,” tuturnya.

Sebagai informasi, jadwal pembentukan dimulai pendaftaran untuk panwascam existing mulai tanggal 23 April 2024 hingga 27 April 2024 Lalu akan diadakan evaluasi kinerja pada tanggal 26 April 2024 Hingga 27 April 2024, penetapan dan pengumuman panwascam existing yang memenuhi syarat jika tidak ada perubahan akan dilaksanakan pada tanggal 01 Mei 2024 dan 02 Mei 2024.

Kemudian ditambahkan Endrawati, jika dalam perjalanan prosesnya masih terjadi kekurangan kuota, maka akan dilaksanakan perekrutan peserta pendaftar baru bagi pelamar umum, yang pendaftaran dan verifikasi berkasnya akan dibuka pada tanggal 05 Mei hingga 07 Mei 2024.

Dilanjutkan Endrawati, untuk pengumuman hasil penelitian berkas administrasi calon anggota panwascam akan diumumkan pada tanggal 12 Mei 2024, dan tahapan selanjutnya tanggapan dan masukan masyarakat akan dilaksanakan pada 12 Mei hingga 17 mei 2024.

“Untuk Tes tertulisnya bagi pendaftar baru seleksi panwascam pada tanggal 13 Mei hingga 14 Mei 2024. Dan Untuk pelantikan dan pembekalan panwascam untuk pilkada 2024 rencananya akan digelar pada 24 Mei 2024 hingga 25 Mei 2024.” Tutup Endrawati. (AJn)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.