Lagi, Api Berkobar di Pahandut Seberang, 10 Bangunan Berkonstruksi Kayu jadi Arang

oleh -
oleh
Lagi, Api Berkobar di Pahandut Seberang, 10 Bangunan Berkonstruksi Kayu jadi Arang 3

Palangka Raya (Dayak News) – Rumah hijau di bawah pohon mangga diduga menjadi asal api berkobar yang hanguskan bangunan toko dan bedakan dengan total 10 bangunan kayu di kawasan Rawa Rofi, kelurahan Pahandut Seberang, Kamis (30/11/2023) dini hari.

Lokasi kebakaran yang terletak di Jalan Trans Kalimantan Poros tengah Palangkaraya-Buntok tersebut sontak langsung membuat kepanikan warga disekitar lokasi kejadian. Api diduga berasal dari salah satu rumah bewarna hijau yang berada di tengah bangunan yang berjajar di pinggir jalan.

Saksi Mata, Budi membenarkan asal api dari rumah bewarna hijau tersebut sekitar pukul 00.30 WIB.

“Asal api berawal dari bangunan bewarna hijau di dekat pohon mangga, yang merupakan barak kosong,” terangnya.

Lagi, Api Berkobar di Pahandut Seberang, 10 Bangunan Berkonstruksi Kayu jadi Arang 4

Api menyebar dengan cepat ke bangunan yang ada disebelahnya karena saling berdempetan satu dengan yang lain.

“Api membesar dan menjalar pada bangunan yang ada di sebelah kiri dan kanan, karena berada di tengah-tengah,” ungkap Budi.

Bangunan yang berdiri di pinggir jalan tersebut diketahui bangunan semi permanen yang nota bene berbahan kayu dan Dirinya pun mengatakan bahwa bangunan barak bewarna hijau, diketahui dalam keadaan kosong atau tidak dihuni.

“Diperkirakan ada 10 bangunan yang hangus terbakar dan terdampak kebakaran,” jelasnya.

Budi menjelaskan bahwa terdapat bangunan barak berisikan 6 pintu yang kosong pada bangunan yang berjajar di pinggir jalan. Pada bangunan yang terbakar juga terdapat warung dan toko meubel, serta bangunan rumah tempat tinggal.

Saksi mata pun menjelaskan asal mula api menyala dan menghanguskan bangunan di kawasan tersebut.

“Api berasal dari atas depan bangunan barak bewarna hijau, terdengar suara seperti listrik konslet saat itu,” terang Budi.

BACA JUGA :  PEMUDA KALTENG DIUTUS KE PAPUA

Meski melihat kejadian tersebut, dirinya tidak mendengar adanya suara ledakan saat api berkobar.

“Kalau orang yang sengaja membakar saya tidak melihat, namun api dengan cepat membesar dan menghanguskan bangunan kayu tersebut,” tutup Budi.

Sementara itu, Puluhan Pemadam Kebakaran baik dari Pemerintah dan Swasta serta bantuan pemadam dari BPBD Kota Palangka Raya, Damkar Dishut pun dikerahkan dilokasi kejadian.

“Untuk kebakaran berhasil kita padamkan sepenuhnya 1 jam dari awal terjadinya kebakaran. Untuk kerugian material diperkirakan hampir 500 juta rupiah, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, dan setelah api padam total, kita serahkan kepada pihak kepolisian untuk penyelidikan lebih lanjut.” Tutup Gloriana Aden, Kadis Damkarmat Kota Palangka Raya. (AJn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.