Dinas Perikanan Seruyan Gelar Pembentukan Kelembagaan Kelompok Usaha Pembudidayaan Ikan

oleh -
oleh
Dinas Perikanan Seruyan Gelar Pembentukan Kelembagaan Kelompok Usaha Pembudidayaan Ikan 1
Kepala Dinas Perikanan Seruyan, Halidah, membuka kegiatan Pembentukan Kelembagaan Kelompok Usaha Pembudidayaan Ikan.

Kuala Pembuang (Dayak News) – Dinas Perikanan Kabupaten Seruyan menggelar kegiatan Pembentukan Kelembagaan Kelompok Usaha Pembudidayaan Ikan di Aula Dinas Perikanan Seruyan.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Perikanan Seruyan, Halidah, Senin (20/5/2024)

Pembentukan kelembagaan kelompok usaha pembudidayaan ikan dinilai sangat penting, terutama karena setiap pelaku usaha wajib memiliki Kartu Kusuka.

Kepala Dinas Perikanan Seruyan, Halidah, menjelaskan bahwa Kartu Kusuka adalah Kartu Pelaku Utama Sektor Kelautan dan Perikanan. Kartu ini berfungsi sebagai identitas tunggal bagi pelaku utama kelautan dan perikanan. Pelaku utama tersebut mencakup nelayan, pembudidaya, pengolah ikan, hingga pemasar ikan, yang mengelola sebagian atau seluruh kegiatan usaha kelautan dan perikanan dari hulu hingga hilir.

“Peran kelembagaan perikanan perlu kita dorong untuk memberikan kontribusi di sektor perikanan dalam upaya menuju pembangunan sektor perikanan yang lebih maju,” kata Halidah.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pj Kepala Desa Sungai Bakau dan Pj Kepala Desa Pematang Panjang dari Kecamatan Seruyan Hilir.

Dengan adanya pembentukan kelembagaan ini, diharapkan para pelaku usaha perikanan dapat lebih terorganisir dan memiliki akses yang lebih baik terhadap berbagai program dan bantuan yang disediakan oleh pemerintah.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalisme para pelaku usaha dalam mengelola kegiatan pembudidayaan ikan, sehingga dapat berkontribusi lebih besar terhadap pembangunan sektor perikanan yang berkelanjutan dan maju di Kabupaten Seruyan. (DI)

BACA JUGA :  BAGREN POLRES SERUYAN LAKSANAKAN ANEV PROGRAM PERIORITAS KAPOLRI TW. III

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.