Pemkab Gunung Mas Gelar Rapat Gugus Tugas KLA

oleh -
Pemkab Gunung Mas Gelar Rapat Gugus Tugas KLA 1

Kuala Kurun (Dayak News) – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah menggelar Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (GT-KLA), Kegiatan tersebut dilaksanakan di Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida)

Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas Richard menyampaikan, dalam rangka memperkuat komitmen dan mendorong GT-KLA untuk berperan langsung dalam pengembangan Kabupaten Layak Anak adalah dengan melakukan evaluasi, monitoring, dan persamaan persepsi.

“Rapat gugus tugas hari ini untuk mensinergikan dan mengkolaborasikan seluruh sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya dari semua unsur yang ada dalam pemenuhan hak anak dan perlindungan terhadap anak di Kabupaten Gunung Mas dipastikan dapat terpenuhi,”ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam pertemuan tersebut dapat menjadi wadah bagi seluruh pihak terkait untuk saling berbagi informasi, menyusun rencana kerja bersama, serta mengevaluasi progress pencapaian kabupaten layak anak.

“Saya yakin bahwa, akan tercipta sumber daya manusia unggul dimasa depan seperti yang kita harapkan, dan harus dipersiapkan secara khusus melalui sebuah strategi dan sistem yang mampu mendukung terpenuhnya hak-hak anak,”bebernya.

Disebutkannya, dengan terpenuhinya hak-hak anak, mereka dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal serta terlindung dari berbagai tindak kekerasan dan diskriminasi, kebijakan kabupaten layak anak bertujuan mensinergikan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha.

Sehingga kata dia, pemenuhan hak-hak anak dapat lebih dipastikan bahwa, KLA yang didasarkan pada kluster pemenuhan hak-hak anak dalam Konvensi Hak anak (KHA), yakni hak sipil dan Kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuh alternatif, kesehatan dasar dan Kesejahteraan pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan seni budaya serta perlindungan khusus.

“Saya sangat berharap pertemuan gugus tugas kabupaten layak anak hari ini dapat menjadi acuan bagi kita dalam memenuhi hak-hak anak, dan menghasilkan ide-ide, menyamakan persepsi kita dalam upaya penilaian layak anak Kabupaten Gunung Mas Memperkuat Komitmen dan berperan langsung dalam perkembangan KLA di Kabupaten Gunung Mas, secara khusus penyediaan data pada seluruh klaster,”harap Richard.

Terpisah, Kepala Bapperida Kabupaten Gunung Yantrio Aulia menyebutkan tujuan dari kegiatan tersebut yakni, untuk

meningkatkan upaya pemenuhan hak-hak anak dan perlindungan anak.

Selanjutnya, dapat meningkatkan semua komitmen dan kolaborasi semua pihak dalam menyelenggarakan gugus tugas kabupaten layak anak di Kabupaten Gunung Mas.

“Hasil kegiatan rapat ini diharapakan, komitmen para anggota gugus tugas kabupaten layak anak di Kabupaten Gunung Mas untuk mengimplementasikan kebijakan pemenuhan hak anak, perlindungan terhadap anak secara menyeluruh dan berkelanjutan,”sebutnya.

Melalui kegiatan ini kata dia, dapat berkoordinasi secara intensif kepada organisasi perangkat daerah dan Instansi terkait. Sehingga data-data yang dibutuhkan untuk memenuhi penilaian KLA dapat terpenuhi dengan cepat dan tepat, serta dapat dipertanggung jawabkan,”tutup Yantrio Aulia. (DES)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.