SATGAS TMMD PERCAYAI MINUM AKAR BAJAKAH, BISA MILIKI BANYAK MANFAAT UNTUK KESEHATAN

oleh -
oleh
SATGAS TMMD PERCAYAI MINUM AKAR BAJAKAH, BISA MILIKI BANYAK MANFAAT UNTUK KESEHATAN 1

Kuala Kurun (Dayak News)– Anggota TNI yang sedang menjalankan program TMMD di Desa Kampuri, Kecamatan Mihing Raya, Gunung Mas memanfaatkan sumber daya alam sekitar untuk meningkatkan kinerja. Salah satunya dengan meminum akar Bajakah yang diyakini punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Hal itu dilakukan Pasi Teritorial Kodim 1016 Palangka Raya Mayor Inf M Syafi’i bersama 8 anggota Satgas TMMD, Sabtu 25 September 2021.

“Di sela-sela kegiatan TMMD ini, kami juga menulusuri daerah sekitar, salah satunya memanfaatkan sumber daya alam tanah Kalimantan yang terkenal dengan akar Bajakah dengan berbagai khasiatnya,” kata Mayor Inf M Syafi’i.

Akar Bajakah kata dia, mampu mengatasi semua jenis kanker dan tumor, walaupun sudah stadium 4 sekalipun. Selain itu juga mampu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes hanya dalam waktu beberapa hari dan masih banyak manfaat dari akar bajakah itu.

Ia berharap, ramuan akar bajakah yang asli dari suku dayak bisa dilestarikan untuk generasi ke depan dalam pemanfaatannya, sehingga benar-benar membantu masyarakat dalam hal medis apabila memiliki gangguan kesehatan.

Diketahui Bajakah merupakan jenis tanaman yang banyak ditemui di pulau Kalimantan. Tanaman yang biasa tumbuh di hutan ini sering digunakan sebagai obat herbal bagi sebagian masyarakat Indonesia, khususnya suku Dayak.

Tanaman bajakah umumnya tumbuh secara merambat di ketinggian lebih dari 5 meter. Jumlahnya yang sedikit dan terbatas, tanaman ini dianggap mistis bagi orang Dayak.

Meski masih sedikit penelitian mengenai efektivitas manfaat akar bajakah, masyarakat Dayak telah menggunakan tanaman ini untuk obat kanker secara turun-temu. (PR/AI)

BACA JUGA :  PEMBANGUNAN JEMBATAN TMMD TETAP UTAMAKAN KUALITAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.